Program PASEPRO Mahasiswa UIB, Penanaman Nilai-Nilai Anti Korupsi di SMA Negeri 1 Tanjungpinang

422
Program PASEPRO Mahasiswa UIB, Penanaman Nilai-Nilai Anti Korupsi di SMA Negeri 1 Tanjungpinang
Program PASEPRO Mahasiswa UIB, Penanaman Nilai-Nilai Anti Korupsi di SMA Negeri 1 Tanjungpinang

SEHUBUNGAN dengan disahkannya Peraturan Pemerintah Nomor 57 tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan oleh Presiden Joko Widodo, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menegaskan bahwa mata kuliah Pancasila merupakan mata kuliah wajib di pendidikan tinggi. Penyelenggaraan Pendidikan Pancasila ini diharapkan dapat menciptakan wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk mengkaji Pancasila secara akademik dan menjadikan Pancasila sebagai perspektif untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah bangsa dan negara.

Sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia, Universitas Internasional Batam (UIB) juga menyelenggarakan mata kuliah Pendidikan Pancasila. Pendidikan Pancasila merupakan salah satu wadah bagi UIB untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai calon sarjana yang memiliki karakter Pancasila dan mampu mengimplementasi sila-sila Pancasila dalam kehidupan.

Oleh karena itu untuk memenuhi capaian pembelajaran mata kuliah Pancasila, UIB melaksanakan sebuah proyek yang disebut Pancasila Social Experimental Project (PASEPRO) sebagai salah satu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Kegiatan ini juga dilaksanakan agar program pengajaran pada mata kuliah tidak hanya terfokus pada aspek teoritis saja, namun berkembang pada dimensi praktis melalui pembelajaran dan praktek langsung ke masyarakat.

Honda Capella

PASEPRO merupakan suatu proyek yang dikerjakan oleh mahasiswa UIB dengan bimbingan dari dosen pembimbing. Dalam kegiatan ini, masing-masing kelompok yang dibentuk oleh mahasiswa akan mendapatkan tema tertentu untuk melaksanakan proyek yang dapat memecahkan sejumlah permasalahan yang terjadi di masyarakat. Setelah itu, mahasiswa harus mencari mitra atau tempat yang akan digunakan untuk mengimplementasikan proyek tersebut. Mitra yang diajak untuk bekerjasama bisa berupa sekolah, instansi, UMKM, ataupun masyarakat.

Hasil Program PASEPRO Hal 2

FANINDO