Wartawan Malaysia Rayakan Hari Pers 29 Mei 2022, Asro: Indonesia dan Malaysia tidak Dapat Dicincang

446
Wartawan Malaysia dan HAWANA Hari Pers
Wartawan Malaysia Rayakan Hari Pers 29 Mei 2022, Asro: Indonesia dan Malaysia tidak Dapat Dicincang

PUTRAJAYA-MALAYSIA – Wartawan Malaysia kembali tahun ini menggelar Hari Pers Nasional atau diistilah mereka HAWANA 2022. Kalau di Indonesia dikenal HPN, maka di Malaysia baru 5 tahun terakhir menggelar kegiatan serupa yang disebut HAWANA.

Adapun rangkaian kegiatan HAWANA di Malaysia adalah adanya kegiatan silahturahmi dan makan malam dengan ISWAMI Malaysia yang digelar di Hotel Zenith, Putra Jaya, Malaysia, Minggu (29/5/2022).

ISWAMI adalah Ikatan Setiakawan Wartawan Malaysia-Indonesia yang didirikan pada 2008 lalu untuk memperkokoh hubungan kedua negara. Jamuan makan malam ini digelar setelah ISWAMI mengikuti Hari Pers Nasional (HAWANA) 2022 yang digelar di Hotel Hatten, Negeri Melaka, Minggu siang.

Ketua ISWAMI Indonesia, Asro Kamal Rokan dalam sambutannya bahwa kolonialisasi yang dilakukan bangsa-bangsa Eropa di masa lalu di kawasan yang membuat Indonesia dan Malaysia kini menjadi dua negara berbeda. Bila tidak ada Belanda yang menjajah Indonesia dan Inggris yang menjajah Malaysia, barangkali kedua negara serumpun akan menjadi satu.

“Hubungan Indonesia dan Malaysia seperti air, tidak bisa dicincang. Kalau tidak ada Belanda dan Inggris barangkali akan satu,” ujar Asro Kamal Rokan.

Asro menambahkan, tentu saja dalam praktiknya ada perbedaan-perbedaan di antara kedua negara. Namun, sambungnya, persamaan Indonesia dan Malaysia jauh lebih banyak.

“Pers di kedua negara berperan penting dalam menjaga hubungan baik ini,” kata Asro lagi.

BACA JUGA Polresta Barelang Bekuk Oknum Wartawan Jadi Kurir Sabu dari Malaysia

Perwakilan Inonesia Hal 2

Honda Capella

FANINDO