Antisipasi Penyebaran Covid 19, Nakes di Batam Terima Vaksin Booster Dosis Dua

HARRIS BARELANG

BATAM – Peran Tenaga Kesehatan (nakes) menjadi hal penting sebagai garda terdepan penanganan Pandemi COVID-19. Melaksanakan tugas kemanusiaan dengan menepis rasa takut demi kesembuhan pasien covid-19.┬áSeluruh Nakes di Batam mendapatkan vaksin Booster dosis dua.

Plh Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Heriman Aka mengatakan, secara nasional pemberian vaksin booster dosis dua untuk nakes sudah dimulai 29 Juli 2022 lalu. Di Batam baru terlaksana hari ini Jumat (5/8/2022). Pencanagan vaksin booster nakes dilaksanakan di Puskesmas Tiban Baru, Sekupang.

“Kita prioritaskan vaksin booster dosis dua untuk Nakes di Batam yang baru bisa terlaksana hari ini,” ujar Heriman.

Heriman menjelaskan, tenaga kesehatan di Batam berjumlah 8.513 orang. Pemberian booster dosis dua dilakukan secara bertahap. Ditargetkan selesai pada akhir Agustus 2022.

“Terget kita selesai akhir Agustus 2022, dengan rata-rata pemberian booster 300 orang perhari,” ujar Heriman yang menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum Pemko Batam.

Menurut Dia, vaksin booster dosis dua yang disiapkan pemerintah adalah jenis Moderna. Saat ini tersedia sebanyak 5.600 dosis. Pihaknya bisa mengajukan penambahan ke Provinsi apabila memerlukan vaksin tambahan.

“Vaksin booster dosis dua prinsipnya tidak ada masalah, apabila kekurangan akan kita minta penambahan ke Provinsi,” jelasnya.

Pencanangan pemberian vaksin booster di Puskesmas Tiban Baru diikuti sekitar 150 orang nakes yang terdiri dari perwakilan 21 Puskesmas di Kota Batam.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Batam, Melda Sari menambahkan, pemberian vaksin booster dosis dua untuk nakes di Batam dilakukan secara bertahap.

“Pemberian vaksinya nanti bertahap diseluruh Puskesmas, RSUD dan RS BP Batam, kita berharap Agustus 2022 ini Nakes di Batam selesai divaksin,” ungkap Melda Sari.

Sebagai informasi, berdasarkan laporan Satuan Tugas penanganan covid-19 Kota Batam, hingga Kamis (4/8/2022) terdapat tambahan lima pasien COVID-19 di Kota Batam

Satu kecamatan di Batam, yakni Kecamatan Batam Kota berada di zona merah atau zona beresiko penularan tinggi covid-19.

Sementara tujuh kecamatan di Kota Batam dalam zona kuning, dan empat kecamatan lainnya berada di zona hijau atau nihil kasus aktif COVID-19. (*)

Editor: Yusuf Riadi

FANINDO

Honda Capella