Kunjungan Panglima TNI ke Latihan Super Garuda Shield 2022 di Dabo Singkep Lingga

336
Kunjungan Panglima TNI ke Latihan Super Garuda Shield 2022 di Dabo Singkep Lingga
Kunjungan Panglima TNI ke Latihan Super Garuda Shield 2022 di Dabo Singkep Lingga

TANJUNGPINANG – Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah Kolonel Pnb A. Donie P., S.E., M. Han., sambut kunjungan Panglima TNI Jendral TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., P.hd dan Wakil Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Madya TNI Agustinus Gustaf Brugman, M.Si., ( Han) beserta rombongan dari Kota Batam. Rombongan tiba dengan menggunakan Pesawat TNI AU CN-295/A-2907 dan CN-295/2901 dalam rangka melaksanakan Latihan Super Garuda Shield Tahun 2022 di Pusat Latihan Tempur Marinir Dabo Singkep Kabupaten Lingga, Kamis (4/8/2022).

Super Garuda Shield 2022 adalah latihan bersama tahunan antara TNI dan Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM), yang dirancang untuk memperkuat interoperabilitas, kemampuan, rasa saling percaya, dan kerja sama.

Latihan SGS 2022 dilaksanakan dari tanggal 1-14 Agustus 2022 di tiga lokasi yang berbeda, meliputi pusat Latihan tempur Baturaja, pusat Latihan tempur Amborawang dan pusat Latihan tempur marinir Dabo Singkep, sebanyak 13 negara berpartisipasi dalam Latihan ini termasuk Indonesia.

Danlanud RHF menyaksikan lansung latihan SGS 2022 yang diselenggarakan di pusat Latihan tempur mariner Dabo Singkep, diawali dengan latihan Rubber Duck Operation (RDO), terjun tempur dan penyelesaian sasaran strategis oleh pasukan taifib marinir, bantuan tembakan dari Kapal Perang Republik Indonesia, perebutan sasaran dengan serangan udara dari Pesawat F16 TNI AU serta melihat gelombang pendaratan pasukan marinir yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut didampingi Dankormar dari KRI Makassar 590 menuju pantai pendaratan dengan menggunakan kendaraan tempur LVT-7 Korps Marinir.

Puncak acara dalam latihan ini dilanjutkan dengan upacara pengangkatan Panglima TNI Jendral TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., P.hd sebagai warga kehormatan Korps Marinir TNI AL melalui prosesi penyematan brivet Intai Para Amfibi Marinir dan Anti Teror Aspek Laut serta penyematan baret ungu Korps Marinir.(*)

Kiriman : Rama

Honda Capella

FANINDO