TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI, Agus: Jaga Pembangunan dan Kekompakan

Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto serta Dansatgas TMMD Letkol Inf Agus Rediyanto meninju langsung rehab Rumah Tidak Layak Huni, salah satu sasaran Fisik TMMD.(Foto : Ist)

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Usai sudah perhelatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 tahun 2022.

Pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ke-114 tahun 2022, dengan mengusung tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI,” tersebut dipusatkan pada Desa Selat Mendaun dan Desa Parit, Kecamatan Selat Gelam, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Satgas TMMD bersama warga bahu membahu mengerjakan bahan material, seluruh infrastruktur sarana dan prasarana penunjang lainnya.

Dansatgas TMMD Letkol Inf Agus Rediyanto menyebut, sasaran Fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur antara lain berupa semenisasi pelabuhan Selat Mendaun, dengan ukuran 6 meter x 130 meter.

Tidak hanya itu saja, kata Agus sasaran Fisik TMMD lainnya berupa semenisasi akses jalan menuju pelabuhan. Tepatnya Gang Masjid Kecamatan Selat Gelam, berukuran 430 meter x 4 meter.

“Dengan semangat kegotongroyongan dan kekompakan, Alhamdulillah pekerjaan rampung sesuai jadwal yang telah ditentukan,” beber Agus.

Dansatgas menambahkan, program Fisik TMMD juga menyasar pada rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), di Desa Selat Mendaun sebanyak 6 unit, serta 4 unit berada di Desa Parit.

“Dan juga dilakukan pembangunan jamban di Desa Parit sejumlah 10 unit,” paparnya.

Pencapaian program sasaran Fisik tersebut, kata Agus juga diimbangi dengan pencapaian pada sasaran Non Fisik.

Diantaranya berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Pendidikan, Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), Narkoba, Keagamaan, penyuluhan bahaya paham radikal dan teroris, penyuluhan Mitigasi Bencana Alam, Kebakaran Hutan dan Lahan, penyuluhan Pertanian dan Ketahanan Pangan, penyuluhan Stunting dan Posbindu.

“Kegiatan tersebut dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat dalam rangka membangun serta memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme,” paparnya.

Untuk itu Dansatgas meminta kepada seluruh masyarakat Desa Parit dan Desa Selat Mendaun, agar dapat merawat dan menjaga hasil pembangunan program Fisik TMMD tersebut.

“Agar manfaatnya dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang (lama),” ucap Agus.

Tidak hanya itu saja, kata Agus terus menjaga kekompakan, semangat menjaga kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dengan rakyat, jangan mudah terhasut dan terprovokasi.

“Pelihara terus semangat gotong-royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini,” pungkasnya.

Terakhir Dansatgas meminta kepada seluruh Satgas TMMD, agar dapat melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan (masukan) pada TMMD yang akan datang.

“Kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TNI Manunggal Membangun Desa, dengan selesainya kegiatan ini segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan, utamankan keselamatan dan kesehatan,” tandasnya.(Aman)

FANINDO

Honda Capella