Data Kemiskinan di Lingga Harus Valid, BPS Laksankan Program Registrasi Sosial Ekonomi

Bupati Lingga M Nizar saat kegiatan evaluasi pendataan SP2020 lanjutan.

HARRIS BARELANG

LINGGA – Pada program Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yang akan dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dalam waktu dekat ini, sangat sejalan dengan tujuan daerah dalam upaya menemukan data-data yang valid terkait kemiskinan.

Sejauh ini data-data yang ada masih terbilang simpang-siur. Pemerintah daerah terus bergerak maju. Dan sebagai rasa tanggung jawab bersama, termasuk kepala desa/lurah harus wajib turut andil dalam pendataan.

Peran kepala desa untuk menegaskan, mensosialisasikan bahwa pendatan yang dilakukan BPS kelak, tidak bertumpu pada survei bantuan. Melainkan, pendataan secara global, untuk menuju Indonesia satu data, termasuk data kemiskinan.

Ini penting, agar data-data yang didapatkan secara langsung dari masyarakat, lebih valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Demi menjawab tantangan/arahan Presiden, Joko Widodo bahwasanya kemiskinan ektrem bisa mencapai 0 persen di tahun 2024.

Apresiasi, kepada Pimpinan BPS Donny Cahyo Wibowo sebagai penggerak. Semoga kolaborasi ini, dengan Pemerintahan Desa/Lurah nantinya bisa menemukan data-data baru bisa tuntas, dan menghasilkan data-data yang realistis. (*)

Laporan: Ravi

FANINDO

Honda Capella