Sikap Golkar Paska Akbar Tanjung Dukung Juniornya Anies Baswedan Jadi Capres NasDem

Akbar Tanjung dan Anies Baswedan
Akbar Tanjung Dukung Juniornya Anies Baswedan Jadi Capres NasDem. Foto/ist/Twitter

HARRIS BARELANG

JAKARTA – Dalam acara peresmian Monumen Tritura 66 yang direlokasi ke Taman Menteng, Akbar Tanjung memuji pencapresan Anies Baswedan. Akbar Tanjung awalnya bicara sosok Anies yang merupakan juniornya di organisasi. Ia mengaku bangga dengan Anies yang kini dicapreskan oleh Partai Nasdem.

“Yang saya hormati Pak Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta Bapak Anies Baswedan dalam organisasi KAHMI dia sebetulnya masih junior saya. Tentu saja saya bangga sebagai senior bahwa beliau menjadi calon Presiden,” kata Akbar Tanjung di acara peresmian Monumen Tritura 66 yang direlokasi ke Taman Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 5 Oktober 2022.

Kemudian, Akbar menyampaikan peluang Anies di 2024. Dia yakin Anies sangat berpeluang menjadi Presiden.

“Lalu peluang beliau di Pemilu 2024 yang akan datang sangat kuat untuk menjadi Presiden,” tegas Akbar Tanjung.

Atas keyakinan itu, Akbar mengaku mendukung Anies sebagai calon presiden.

BACA JUGA Partai NasDem Deklarasi Anies Baswedan Capres Pemilu 2024

“Karena itu saya juga pakai baju kuning. Karena saya juga mendukung beliau sebagai calon presiden. Beliau orang pintar seorang akademisi tapi juga seorang yang betul memiliki suatu pemikiran yang jauh ke depan tentang pembangunan Indonesia. Beliau tepat menjadi Gubernur dan lebih tepat lagi bahwa beliau akan menjadi Presiden,” kata Akbar.

Menanggapi pernyataan itu, Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menilai pernyataan Ketua Dewan Kehormatan Golkar Akbar Tanjung hanya sebatas memberikan selamat terhadap Anies Baswedan yang diusung Nasdem sebagai capres. Bukan lantas memposisikan diri mendukung Gubernur DKI Jakarta itu di Pilpres 2024.

Doli menegaskan Akbar Tanjung masih berpegang pada keputusan Munas dan Rapimnas Golkar yang memutuskan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden.

“Sebetulnya, itu hanya pernyataan normatif saja. Bicara soal tanggapan seorang tokoh menanggapi pencapresan seseorang. Sebatas seperti mengucapkan selamat saja,” kata Doli kepada awak media, Kamis, 6 Oktober 2022.

Doli lebih jauh menekankan, AkbarTanjung sampai saat ini masih konsisten memegang hasil keputusan partai untuk mengusung Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden 2024. Bahkan, kata Doli, Akbar Tanjung aktif terjun ke masyarakat untuk mempromosikan Airlangga.

“Sejauh ini, sampai sekarang, Pak Akbar masih konsisten dalam keputusan partai dan ikut aktif turun menyosialisasikan pencapresan Airlangga Hartarto dari Partai Golkar,” kata Ketua Komisi II DPR ini. (VIVA.co.id)

FANINDO

Honda Capella