Motor Listrik Kawasaki Mirip Tipe Z400 akan Dipasarkan Mulai Akhir 2022

Motor Listrik Kawazaki
Prototipe motor listrik Kawasaki. (carscoops)

HARRIS BARELANG

JERMAN – Pabrikan asal Jepang, Kawasaki, meluncurkan prototipe motor listrik pertamanya di pameran Perdagangan Motor Intermot di Cologne, Jerman, baru-baru ini. Prototipe motor listrik ini akan memasuki pasar sebelum akhir tahun 2022.

Ini merupakan bagian dari rencana Kawasaki untuk menawarkan lebih dari sepuluh sepeda motor listrik dan hybrid pada 2025.

“Kami akan menghadirkan tiga kendaraan listrik secara global pada akhir tahun 2022. Sementara ini, kami masih mengembangkan motor listrik dan belum meninggalkan mesin konvensional,” kata Masaya Tsuruno, Managing Director Kawasaki Motors Eropa dikutip Carscoops pada Senin, 31 Oktober 2022.

Dengan desain yang sederhana, motor listrik ini seperti sepeda motor dengan mesin 125cc. Sehingga banyak yang mengira jika motor listrik ini memiliki mesin pembakaran berkapasitas kecil.

Tsuruno mengatakan jika sementara ini Kawasaki masih mengembangkan motor listrik, mereka masih belum meninggalkan mesin konvensional dan sedang mempertimbangkan penggunaan e-fuel dan biofuel.

Desain dan rangka prototipe motor listrik ini sangat mirip dengan Kawasaki Z400. Mulai dari bodywork, tail, cluster lampu depan dan bagian depan tampak seperti Z400. Salah satu perubahan yang paling terlihat adalah tangki yang terlihat lebih kecil karena sepeda motor listrik ini tidak lagi memerlukan tangki bensin.

Dalam mendukung keamanan saat melakukan pengereman, Kawasaki memberikan motor listriknya dengan sistem pengereman berteknologi tinggi seperti Z300 atau Ninja 300.

Pabrikan asal Jepang tersebut belum menyampaikan detail spesifikasi teknis dari prototipe motor listriknya. Mereka masih melakukan pengembangan dan model produksi akan segera menyusul. (*/tempo)

FANINDO

Honda Capella