Grup G, Terkesan Brasil Main Santai dan Menang Tipis 1-0 dari Swiss

Casemiro akhirnya memecah kebuntuan Brasil pada menit ke-83
Casemiro akhirnya memecah kebuntuan Brasil pada menit ke-83

HARRIS BARELANG

PIALA DUNIA – Hasil Piala Dunia 2022 Grup G antara Brasil vs Swiss berakhir dengan skor 1-0. Hasil itu membuat Brasil memastikan satu tiket ke babak 16 beesar.

Satu-satunya gol pada laga itu diciptakan oleh Casemiro pada menit ke-83. Brasil sebenarnya mampu mencetak gol sebelumnya melalui Vinicius Jr, namun dianulir wasit.

Melihat jalannya pertandingan, timnas Brasil tampak tumpul pada babak pertama. Meskipun terus menekan sejak awal pertandingan, skuad asuhan Tite kesulitan untuk menembus pertahanan berlapis yang ditunjukkan Swiss.

Tumpulnya tim samba tak lepas dari absennya Neymar Jr. mengalami cedera saat tim samba menang 2-0 atas Serbia pada laga pertama Kamis (25/11/2022) lalu. Selain Neymar, bek sayap Danilo juga absen karena cedera.

Absennya Neymar membuat Tite tampak mengubah skema permainan timnya. Jika pada laga pertama dia menurunkan formasi 4-2-3-1, kali ini Tite lebih memilih menggunakan 4-3-3.

Tite memasukkan Fred untuk menggantikan Neymar sementara Danilo di sisi kanan digantikan bek Real Madrid, Eder Militao.

Swiss yang pada laga pertama menang 1-0 atas Kamerun pun melakukan sedikit perubahan. Pelatih Timnas Swiss, M Yakin, membangkucadangkan Xherdan Shaqiri dan memainkan Fabian Rieder. Selain itu, tak ada perubahan lainnya di tubuh skuad berjulukan Palang Merah itu.

Meskipun menguasai pertandingan pada babak pertama, Timnas Brasil tampak kesulitan untuk menembus pertahanan ketat yang diperagakan Swiss. Yakin tampak menumpuk pemain di lini pertahanan dengan tiga bek tengah dan dua bek sayap.

Richarlison yang pada laga pertama memborong dua gol skuad Samba tak banyak mendapatkan peluang emas.

Tendangan ke arah gawang Swiss pada babak pertama justru dilepaskan oleh Vinicius Jr dan Raphinha. Sayangnya, tiga tembakan tersebut mampu dimentahkan oleh penjaga gawang Yan Sommer.

Babak Kedua

Pada awal babak kedua, Tite langsung melakukan perubahan dengan memasukkan Rodrygo Goes untuk menggantikan Lucas Paqueta. Brasil pun tampak kembali bermain ke skema 4-2-3-1 dengan Rodrygo lebih banyak bermain di belakang Richarlison.

Kurangnya pemain di depan lini pertahanan Brasil membuat Swiss bermain lebih terbuka. Mereka lebih berani menguasai bola pada awal babak pertama dan hasilnya mereka mampu meraih dua peluang pada 10 menit awal meskipun tak membuahkan gol.

Brasil kembali mendapatkan peluang emas pada menit ke-56. Vinicius Jr berhasil membongkar sisi kanan pertahanan Swiss dan melepaskan umpan silang ke depan gawang. Apes, upaya Richarlison meregangkan kakinya tak mampu menggapai bola yang akhirnya keluar lapangan permainan.

Pada menit ke-58, Tite menarik keluar Fred dan memasukkan Bruno Guimaraes. Yakin pun melakukan dua pergantian pemain dengan menarik keluar Rieder dan Vargas untuk memasukkan Edimilson Fernandes dan Renato Steffen.

Brasil mampu mencetak gol pada menit ke-64 melalui serangan balik. Umpan Alex Sandro dari lini belakang membuat kemelut karena tak mampu diraih oleh pemain kedua tim. Bola akhirnya bergulir ke kaki Rodrygo Goes yang kemudian menyodorkan bola kepada Vinicius Jr.

Penyerang berusia 22 tahun itu dengan tenang masuk ke kotak penalti Swiss dari sisi sebelah kanan dan memenangkan duel satu lawan satu dengan Yan Sommer. Vinicius melepaskan tembakan mendatar ke pojok kiri gawang yang tak mampu dijangkau oleh Sommer.

Sayangnya gol itu dianulir setelah wasit yang bertugas sebagai pengawas VAR (Video Assistant Referee) menyatakan Richarlison offside dalam proses terciptanya gol tersebut.

Casemiro akhirnya memecah kebuntuan Brasil pada menit ke-83. Gol itu berawal dari umpan Vinicius Jr kepada Rodrygo yang kemudian diteruskan kepada Casemiro dengan menggunakan tumit. Casemiro langsung melepaskan tembakan ke pojok kiri atas gawang tanpa bisa dihalau oleh Yan Sommer.

Hingga laga ini berakhir skor tidak berubah. Brasil yang terus menekan di sisa waktu pertandingan sebenarnya mendapatkan beberapa peluang untuk menambah gol. Sayangnya Vinicius Jr dan Rodrygo tak mampu mengkonversi peluang itu menjadi gol.

Hasil Piala Dunia 2022 antara Brasil vs Swiss 1-0 itu membuat skuad Samba memastikan satu tiket babak 16 besar dari Grup G.

Timnas Brasil kokoh di puncak klasemen dengan perolehan enam angka. Timnas Swiss masih berada di posisi kedua dengan perolehan tiga angka. Kamerun dan Serbia pun masih berpeluang lolos karena mengantongi satu angka setelah bermain imbang 3-3 pada laga sebelumnya.

Susunan pemain Timnas Brasil:
Alisson; Eder Militao, Marquinhos, Thiago Silva; Fred, Casemiro, Lucas Paqueta; Raphinha, Richarlison, Vinicius Jr

Susunan pemain Timnas Swiss:
Yan Sommer; Rodriguez, Elvedi, Akanji, Widmer; Granit Xhaka, Freuler; Vargas, Sow, Rieder; Breel Embolo

FANINDO

Honda Capella