Pemuda Teluk Bakau Batam Prioritaskan Anggota Dapat Pelatihan untuk Masuk Dunia Kerja

Pemuda Teluk Bakau Batam Prioritaskan Anggota Dapat Pelatihan untuk Masuk Dunia Kerja
Pemuda Teluk Bakau Batam Prioritaskan Anggota Dapat Pelatihan untuk Masuk Dunia Kerja

BATAM – Sulitnya mendapatkan pekerjaan di kota batam merupakan alasan tersendiri bagi setiap orang, tetapi anggapan itu tidaklah selalu benar, ini di katakan oleh ketua Persatuan Pemuda Teluk Bakau (PPTB), saat silahturahmi dengan para anggotanya bertempat Aula Masjid Teluk Bakau Kelurahan Batu Besar Kecamatan Nongsa Kota Batam – Kepri, Sabtu (03/12/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Ketua PPTB Darmidi SE menjelaskan, beberapa perusahaan yang bergerak di bidang kontruksi oil & gas tentu membutuhkan kreteria pelamar yang telah trampil serta memiliki sertifikasi pelatihan di bidangnya, dimana untuk mendapatkan sertifikasi tersebut kami telah mendirikan pusat pelatihan kerja atau Home Training secara gratis untuk pemuda tempatan, kedepannya lulusan ini akan menjadi perioritaskan bagi pengurus untuk penempatan di beberapa perusahaan yang telah Memorandum of Understanding (MoU) dengan PPTB.

“Standarisasi perusahan adalah syarat terpenting yang harus di penuhi oleh seorang pencari kerja saat ini, untuk lebih meningkatkan mutu training terus kami lakukan guna membentuk sumber daya manusia yang berkualitas di masa mendatang,” ujarnya.

Lanjudnya, sejak berdiri tahun 2012 sampai sakarang telah meluluskan sebanyak 750 0rang tenaga terampil di bidang rigger, scafolding, pipping, fitter, bolting dan AK3 (SEFTY). Para alumni telah berhasil berkarir dibeberapa perusahaan besar seperti Pt Smoe indonesia, Pt Bredero Shaw Indonesia, Pt Mc Dermott Indonesia, Pt Saipem Indonesia, Pt Tangguh LNG Papua.

“Sebanyak 90% telah bekerja dan sisanya akan menyusul di bulan maret 2023 mendatang. Keberhasilan program swadaya ini tidak terlepas dari kepedulian tokoh masyarakat tempatan sebagai pembina PPTB,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Ketua Pembina PPTB Iwan Darmawan menyampaikan ucapan terimakasi atas kelanjutan program pelatihan dan keterampilan kerja yang telah membawa kemajuan disektor lapangan pekerjaan dan ekonomi terhadap masyarakat Kecamatan Nongsa khususnya dan Kota Batam pada umumnya. Agenda ini merupakan ajang mempererat sekaligus memperkokoh pondasi silahturahmi yang bermamfaat bagi semua anggota PPTB.

Iwan berharap setiap anggota terus meningkatkan etos kerja, disiplin dan terus mencari peluang ilmu pengetahuan dimasa mendatang, mengingat kompetisi untuk mendapatkan peluang kerja dimasa mendatang terus meningkat.

Ketua harian PPTB Junaidi yang akrab disapa Pak Hitam mengatakan agenda silahturahmi tersebut dilakukan setiap bulan minggu pertama, penting dihadiri oleh semua anggota karena setiap anggota akan mendapatkan informasi pekerjaan, edukasi serta untuk meningkatkan keakraban antara pengurus dan sesama anggota dengan tujuan sosial dan kemasyarakatan.

Di tambahkannya anggota PPTB sendiri tidak hanya berdomisili di kecamatan Nongsa tetapi juga berasal dari beberapa kecamatan seperti batu aji, tanjung piayu dan batam centre yang pada intinya masyarakat kota batam.

Dari pantauan awak media, dialog berlansung alot disertai candaan oleh moderator membuat suasana kekeluargaan lebih terasa yang di hadiri sebanyak 90-an orang berakhiri dengan doa bersama dan dilanjudkan sholat mahgrib berjamaah. (Amrullah)

FANINDO

Honda Capella