Seleksi Dirut BRI Syariah Resmi Dibuka, Berikut Syarat yang Harus Dipenuhi Bagi Pelamar

GALERI 24

WARTAKEPRI.co.id, PEKANBARU – Tim Panitia Seleksi (Pansel) telah mengumumkan pendaftaran seleksi pengisian jabatan Direktur Utama (Dirut) Bank Riau Kepri (BRK) Syariah, melalui surat nomor: 03/PANSEL/BRK/2023, tentang seleksi calon Direktur Utama Bank Riau Kepri Syariah (Persoda).

Pendaftaran tersebut resmi dibuka yang dikirim melalui pos (kilat khusus) cap pos dimulai tanggal 22 September hingga 02 0ktober 2023 mendatang.

Dalam jadwalnya, Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi akan dilaksanakan pada tanggal 09 0ktober 2023, Pelaksanaan UKK pada tanggal 11 -23 0ktober 2023 (jadwal tentative) . Pengumuman Hasil Seleksi UKK 25 0ktober 2023, Wawancara Akhir 27 – 29 0ktober 2023 (jadwal tentative).

Pengumuman hasil seleksi administrasi dan hasil seleksi UKK calon Direktur Utama PT. Bank Riau Kepri Syariah (Perseroda) dapat dilihat di media lokal (Riau Pos dan Batam Pos) dan media nasional (Bisnis Indonesia) serta melalui website www.biroekonomi.riau.go.id, dan www.brksyariah.co.id.

Setidaknya ada 20 poin persyaratan yang mesti dipenuhi pelamar untuk mengisi jabatan Dirut BRI Syariah tersebut, yakni:

1. WNI (Warga Negara Indonesia),

2. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

3. Mempunyai akhlak dan moral yang baik

4. Setia dan taat kepada Negara dan pemerintah Republik Indonesia

5. Sehat jasmani dan sehat rohani yang dibuktikan dengan adanya Surat Keterangan sehat dari Rumah Sakit Pemerintah

6. Memiliki keahlian, integritas, kepemimpinan, pengalaman, jujur, perilaku yang baik, dan dedikasi yang tinggi untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan

7. Memahami penyelenggaraan pemerintahan daerah

8. Memahami manajemen perusahaan

9. Memiliki ijazah paling rendah strata I (S.1),

10. Usia minimal 35 tahun dan maksimal 55 tahun terhitung pada saat mendaftar pertama kali,

11. Pengalaman kerja minimal 5 (lima) tahun di bidang manajerial perusahaan berbadan hukum dan pernah memimpin tim

12. Memiliki pengalaman operasional di Bank Umum dan/atau Syariah minimal 4 (empat) tahun sebagai Pejabat Eksekutif dengan jabatan terakhir 1 (satu) level di bawah Direksj/Pemimpin atau Divisi/selevel Pemimpin Divisi pada suatu Bank Umum sesuai dengan Kelompok Bank berdasarkan Modal Inti (KBMI) minimal setara dengan Bank Riau Kepri Syariah dan harus mempunyai latar belakang perbankan Syariah

13. Memiliki pengetahuan yang memadai dan relevan dengan jabatannya dan/atau pengalaman dan keahlian di bidang perbankan dan/atau keuangan umum dan syariah serta komitmen terhadap pengembangan lembaga jasa keuangan

14. Wajib berasal dari pihak yang independent terhadap pemegang saham pengendali

15. Memiliki pengetahuan mengenai ketentuan OJK dan Peraturan Perundang-undangan terkait Perbankan

16. Memiliki sertifikat manajemen risiko Level 5 beserta refreshment yang dikeluarkan oleh lembaga Sertifikasi Profesi di bidang Manajemen Risiko sesuai yang dipersyaratkan didalam ketentuan Otoritas Jasa Keuangan

17. Memiliki reputasi keuangan yang baik dengan tidak memiliki kredit dan/atau pembiayaan bermasalah (macet)

18. Tidak pernah menjadi anggota Direksi, Dewan Pengawas, atau Komisaris yang bermasalah menyebabkan badan usaha yang dipimpin dinyatakan pailit

19. Tidak sedang/pernah dihukum karena melakukan tindak pidana

20. Tidak sedang menjadi pengurus partaj politik, calon kepala daerah atau calon wakil kepala daerah, dan/ atau calon anggota legislatif.

Adapun tata cara pendaftarannya yakni dengan membuat surat lamaran diketik dan ditandatangani di atas materai cukup, mencantumkan jabatan yang akan dilamar dan ditujukan kepada Panitia Seleksi BRK Syiah (Perseroda) terletak di Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Riau Jl. Jend. Sudirman No. 460 Menara Lancang Kuning Lt. 3 Pekanbaru – Riau 28126.

Dengan melampirkan, Fotocopy Kartu Tanda penduduk (KTP); Asli surat Keterangan sehat jasmani dari Rumah sakit pemerintah, Asli surat Keterangan sehat rohani dari Rumah sakit pemerintah.

Fotocopy ijazah yang dilegalisir darj pejabat yang berwenang atau melampirkan penyetaraan ijazah dari Kemendikbud bagi tamatan Luar Negeri, Daftar riwayat hidup sesuai dengan SE OJK Nomor 39/SEOJK.03/2016 yang dapat diunduh melalui website www. 4f/oe4onom/ rtaw, o.iddemwww.brks ‘ariah.co.

Fotocopy Kartu Nomor pokok wajib pajak (NPWP), Pasphoto terbaru, beiwarna (latar belakang warna merah), ukuran 4×6 sebanyak 3 (tiga) lembar, Asli surat Keterangan catatan Kepolisian (SKCK).

Fotocopy sertifikat manajemen risiko level 5 beserta refreshment sesuai dengan yang dipersyaratkan OJK, Fotocopy sertifikat penunjang lainnya termasuk sertifikat dari lembaga pendidikan atau pelatihan dibidang perbankan.

Selanjutnya, surat Persetujuan dari atasan langsung atas pencalonan sebagai Calon Direktur Utama PT, Bank Riau Kepri Syariah (Perseroda), dan lain sebagainya.

Asisten II Setdaprov Riau, M. Job Kurniawan membenarkan sudah dibukanya pendaftaran seleksi Dirut BRI Syariah tersebut mulai 22 September 2023.

“Iya mulai dibuka tanggal 22 September”, katanya secara terpisah, Jumat (22/9/23).(Mediacenter Riau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News