Melalui Bimtek Penyusunan Dokumen Perencana, Jefridin Berharap Terujudnya Perencanaan Berkualitas

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. membuka acara Bimbingan Teknis Penyusunan Dokumen Perencanaan Tahunan Berbasis Pemanfaatan Data Tahun 2023 di Aula Engku Hamidah lantai IV, Senin (27/11/2023). Diungkapkannya untuk mewujudkan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang berkualitas dan akuntabel dibutuhkan perencanaan yang baik sehingga dalam pelaksanaan pembangunan dapat terarah dan tepat sasaran.

Untuk mewujudkan perencanaan yang berkualitas menurutnya harus ada konsistensi dalam subtansi dokumen perencananan pembangunan daerah dari perencanaan pembangunan daerah jangka panjang (RPJPD), jangka menengah (RPJMD) dan tahunan (RKPD) dan Renja. Selanjutnya harus mensinergikan hasil musrenbang tingkat kelurahan, kecamatan, dan tingkat kota serta arah kebijakan nasional dan propinsi kedalam perencanaan pembangunan daerah.

“Untuk menjaga sinergitas, keselarasan serta kesinambungan maka untuk menyusun perencanaan perangkat daerah terhadap perencanaan pembangunan daerah ini dibutuhkan sumber daya manusia dalam hal ini aparatur perangkat daerah yang memiliki kompetensi perencanaan yang berkualitas. Melalui Bimtek ini diharapkan para pejabat Eselon III di lingkungan Pemko Batam berkompetensi dalam menyusun perencanaan ini,” ungkapnya.

Dipaparkannya bahwa perencanaan yang dilakukan dimulai dari RPJPD, RPJMD dan RKPD. Sedangkan untuk perencanaan perangkat daerah dimulai dari Renstra hinga Renja perangkat daerah. Untuk itu lingkup kegiatan Bimtek penyusunan dokumen perencanaan tahunan berbasis pemanfaatan data yang dilaksanakan hari ini untuk meningkatkan kualitas koordinator perencana dokumen perencanaan di lingkungan Pemko Batam.

“Perencanaan itu sangat penting, dan yang bertanggungjawab membuat perencanaan itu adalah Kita. Untuk itu Saya minta ikuti kegiatan ini dengan baik hingga selesai. Apa yang tidak dipahami tolong ditanyakan kepada narasumber, manfaatkan Bimtek ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga Batam madani modern sejahtera untuk menyongsong Indonesia maju pada tahun 2025 dapat terwujud,” paparnya.

Setelah mengikuti Bimtek ini dapat mewujudkan persamaan persepsi, dan pola pikir untuk menentukan strategi yang paling efektif didalam proses penyusunan perencanaan pembangunan daerah.

Kepala Badan Perencanaan, dan penelitian, pengembangan pembangunan daerah (Bapelitbang) Dalina Nopilawati menyampaikan kegiatan ini bermaksud untuk meningkatkan kualitas dokumen perencanaan di lingkungan pemerintah Kota Batam. Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini, untuk mewujudkan dokumen perencanaan Kota Batam yang berkualitas dalam perencanaan.

“Melalui Bimtek ini diharapkan koordinator-koordinator perencana di SKPD memiliki sinergitas dan pemahaman yang handal terkait penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah Kota Batam yang berkualitas dan berkesinambungan antar dokumen perencanaan,” ucapnya.

Adapun narasumber pada kegiatan ini Direktorat Tata Ruang, Pertanahan dan Penanggulangan Bencana Bappenas RI, Supriyadi dan narasumber, dari Ditjen Bina Bangda Kemendagri RI, Mahardhika Mulya Adi Pamungkas.(MCB)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG