Gubernur Riau Edy Natar Nasution: Jenderal Purnawirawan yang Tegas, Disiplin, dan Religius

Gubernur Riau Edy Natar Nasution: Jenderal Purnawirawan yang Tegas, Disiplin, dan Religius
Edy Natar Nasution saat dilantik jadi Gubernur Riau oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara (dok kominfo riau)
HARRIS BARELANG

PEKANBARU – Pada tanggal 27 November 2023, Brigjen TNI (Purn) H. Edy Afrizal Natar Nasution, SIP, resmi dilantik sebagai Gubernur Riau oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta.

Dikenal sebagai salah satu dari sedikit anak jati Riau yang mencapai posisi ini, Edy menggantikan Syamsuar yang mundur pada 3 November 2023 untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI.

Lahir di Bengkalis pada 29 Mei 1961, Edy pernah menjabat sebagai Danrem 031/Wirabima dan mencoba peruntungan di dunia politik pada 2018 sebagai calon Wakil Gubernur Riau, berhasil terpilih bersama Syamsuar dengan tagline “Riau Lebih Baik.”

Sejak 4 November 2023, Edy ditetapkan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau dan akhirnya dilantik sebagai Gubernur Riau definitif setelah sekitar tiga pekan.

Dikenal sebagai pribadi yang religius, Edy menggagas Gerakan Salat Subuh Berjamaah (GSSB) selama menjabat sebagai Wakil Gubernur Riau.

GSSB, yang sudah dilaksanakan ratusan kali di berbagai tempat, menjadi salah satu inisiatif Edy untuk meningkatkan kebersamaan umat Muslim di Riau dalam beribadah.

Beliau juga mengeluarkan surat imbauan kepada masyarakat Riau untuk meramaikan masjid dengan menunaikan salat lima waktu.

Pemikiran Edy terfokus pada pembangunan sektor pertanian untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok seperti beras secara mandiri. Dalam berbagai kesempatan, Edy menekankan bahwa pemenuhan kebutuhan dasar, seperti pangan, harus menjadi prioritas utama dalam pembangunan.

Sektor-sektor inilah yang menurut Edy, seyogyanya menjadi prioritas dalam pembangunan di Negeri Melayu Lancang Kuning.

Kini, sekira 6,7 juta rakyat Riau menggantungkan harapan besar kepada Gubernur Riau Edy Natar Nasution, seorang jenderal purnawirawan yang tegas, disiplin juga religius. Seorang figur yang paripurna, insya Allah membawa keberkahan bagi seluruh masyarakat Riau. Wallahu’alam.

Penulis: Erisman Yahya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG