Inilah Rahasia Umur Panjang dari Pulau Okinawa, Jepang

Inilah Rahasia Umur Panjang dari Pulau Okinawa, Jepang
Pulau Okinawa Jepang dikenal dengan penduduk banyak yang umur panjang (foto visit okinawa)


BATAM – Impian memiliki umur panjang adalah harapan banyak orang. Selain memberikan kesempatan untuk menikmati momen berharga, umur panjang juga membuka peluang untuk menjalani hidup bersama orang-orang tercinta lebih lama.

Di dunia, Jepang terkenal dengan angka harapan hidup yang mencengangkan. Rata-rata penduduknya dapat mencapai usia 83,89 tahun, jauh melampaui rata-rata global.

Salah satu fenomena menarik terkait umur panjang terjadi di Pulau Okinawa, Jepan. Di sini sejumlah penduduknya mencapai usia seratus tahun lebih. Sebuah kontras nyata jika dibandingkan dengan rata-rata umur penduduk Indonesia yang hanya mencapai 69,19 tahun.

Faktor-faktor seperti pola makan sehat, hubungan sosial yang erat, dan sikap positif memainkan peran penting dalam mencapai umur panjang. Namun, keberlangsungan hidup yang bahagia juga sangat tergantung pada aktivitas fisik.

Reizo, seorang ahli jantung berusia 95 tahun dari Osaka, Jepang, menjadi contoh inspiratif. Keturunannya, Mika Cribbs, membagikan beberapa rahasia dan rutinitas kesehatan Reizo yang membuatnya tetap segar bugar hingga usia senja.

1. Jalan Pagi Setiap Hari

Cerita Mika Cribbs mengungkapkan bahwa kakek dan neneknya memiliki kebiasaan bangun pagi setiap hari. Dimulai pukul 5 pagi, keduanya berjalan-jalan di sekitar rumah selama 30 menit hingga satu jam, menempuh total 7 ribu langkah. Aktivitas ini menjadi cara mereka memulai hari dengan semangat.

2. Merawat Hubungan dengan Orang Tercinta

Setelah sesi berolahraga, kakek dan nenek Mika selalu meluangkan waktu untuk bersosialisasi di media sosial. Selain terhubung dengan keluarga, penggunaan media sosial juga membantu meningkatkan kesejahteraan emosional, mengurangi risiko kesepian.

3. Melakukan Hobi

Meskipun usia telah memasuki senja, kakek dan nenek tersebut tetap aktif mengeksplorasi hobi baru. Selama pandemi, mereka mulai berkebun, mempelajari alat musik baru, dan mengejar petualangan baru.

Aktivitas ini membuktikan bahwa mengeksplorasi pengalaman baru dan menikmati hobi dapat memberikan warna baru pada kehidupan, tidak hanya untuk generasi muda, tetapi juga bagi lansia. (*)

Sumber: beautynesia

Editor: Denni Risman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News