Polres Pasaman Barat Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024

Polres Pasaman Barat Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024
Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto menyerahkan tas dan ransum untuk personil yang terlibat PAM Pemilu 2024 (dok polres pasaman barat)


PASAMAN BARAT – Polres Pasaman Barat menggelar apel kesiapan personel dan sarana prasarana dalam rangka mengamankan Pemilu Serentak 2024. Acara tersebut dilaksanakan di halaman Mako Polres Pasaman Barat pada Rabu (7/2/2024) dan dimulai pukul 08.00 WIB.

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto. memimpin langsung apel tersebut, dengan Kaurbinops Satuan Samapta Ipda Fifriki Candra bertindak sebagai komandan apel.

“Kegiatan pada pagi ini adalah apel pengecekan kesiapan personel dan sarana prasarana untuk pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2024,” ujar AKBP Agung Tribawanto.

Honda Capella

BACA JUGA: Imbauan Ditlantas Polda Kepri: Waspada Modus Penipuan Surat Tilang Elektronik Melalui WhatsApp

Menurut penjelasan dari AKBP Agung, pengecekan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personel yang akan bertugas dalam pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh wilayah Kabupaten Pasaman Barat.

“Polres Pasaman Barat memastikan ketersediaan sarana dan prasarana, termasuk kendaraan bermotor dan kelengkapan lainnya yang diperlukan oleh personel dalam pengamanan TPS,” tambahnya.

BACA JUGA: Berkah HPN: PWI Kepri Bantu Anak-Anak Panti Asuhan dengan Sembako dan Dana Pendidikan

Jumlah TPS di Pasaman Barat

Dijelaskan bahwa jumlah TPS di wilayah Pasaman Barat mencapai 1.286. Sebagian besar (1.205 TPS) dianggap aman. Sementara 81 TPS dianggap rawan karena jarak tempuh yang jauh dan sulitnya akses komunikasi.

“Polres Pasaman Barat akan menurunkan sebanyak 295 personel untuk pengamanan TPS. Serta dibantu oleh 60 personel dari pers Polda Sumatera Barat dan satu pleton (30 personel) BKO dari Brimob untuk memperkuat pengamanan selama pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Pasaman Barat,” terangnya.

Kapolres menegaskan kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Pemilu 2024 untuk menjalankan tugas dengan baik. Tidak terlibat dalam politik praktis, serta menghindari segala bentuk pelanggaran dalam pelaksanaan tugas.

“Selama bertugas di TPS, personel diharapkan menjaga keamanan logistik pemilu yang menjadi tanggung jawab mereka,” tegasnya.

BACA JUGA: Istirahat 10 Hari, Gunung Marapi Sumatera Barat Kembali Erupsi

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Pasaman Barat juga menyerahkan secara simbolis tas dan ransum untuk personel yang terlibat dalam pengamanan TPS. Pergeseran personel ke TPS direncanakan akan dilakukan pada hari Selasa (13/2/2024).

Apel kesiapan personel dan sarana prasarana ini dihadiri oleh Waka Polres Pasaman Barat, Kompol Chairul Amri Nasution, para PJU Polres Pasaman Barat, Kapolsek Jajaran, serta para Perwira dan Bintara. (taufik)

Editor: Denni Risman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News