Anies-Muhaimin Menang Telak di Sumbar, Prabowo-Gibran Menang di Basis PDIP

Anies-Muhaimin Menang Telak di Sumbar
Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin menang telak di Sumbar pada perhitungan hingga Rabu (14/2/2024) malam (ilustrasi)
HARRIS BARELANG

PADANG – Hasil real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperlihatkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), menang telak di Sumatra Barat pada Rabu (14/2/2024).

Berdasarkan data real count KPU yang diperbarui hingga pukul 21.45 WIB, AMIN berhasil mengumpulkan 131.126 suara atau sekitar 58,56% dari total suara yang masuk ke KPU.

BACA JUGA: Situs KPU RI Diserang Cyber Massal: Terdeteksi Ratusan Juta Serangan DOS

Sementara itu, pasangan Prabowo-Gibran mendapat 83.830 suara atau sekitar 37,44%, sedangkan pasangan Ganjar-Mahfud hanya mendapat 8.948 suara atau sekitar 4%. Data ini mencerminkan persentase suara yang masuk sebesar 15,46%.

Dari 19 kabupaten dan kota di Sumatra Barat, AMIN berhasil memenangkan suara di 13 kabupaten dan kota, sementara Prabowo-Gibran hanya mampu memenangkan 6 kabupaten. Pasangan Ganjar-Mahfud kalah di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar.

BACA JUGA: Memahami Investasi Emas: Keuntungan, Kekurangan, dan Pentingnya Diversifikasi Portofolio

Prabowo-Gibran Menang di Basis PDIP

Namun, terdapat beberapa kabupaten di Sumbar yang tidak dimenangkan oleh AMIN. Contohnya, di Kabupaten Solok Selatan, AMIN hanya memperoleh 403 suara sementara Prabowo-Gibran mendapat 753 suara.

Di Kabupaten Dharmasraya, yang merupakan basis suara Partai PDI-Perjuangan pada Pilpres 2019, AMIN mendapat 3.513 suara sementara Prabowo-Gibran mampu menang dengan 8.046 suara.

Di Kabupaten Kepulauan Mentawai, basis suara PDIP pada Pilpres 2019, Prabowo-Gibran unggul dengan 127 suara. Sementara AMIN hanya mendapat 30 suara.

BACA JUGA: Yang Viral di Pemilu Tahun 2024 adalah Calon DPD Jabar Komeng, Uhuyy

Data ini memperlihatkan persaingan ketat antara pasangan calon dan mewakili pola pemilih yang beragam di Sumatra Barat. (*)

Sumber: bisnis

Editor: Denni Risman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG