Situs KPU RI Diserang Cyber Massal: Terdeteksi Ratusan Juta Serangan DOS

Situs KPU RI Diserang Cyber Massal: Terdeteksi Ratusan Juta
Situs KPU RI diserang cyber massal, terdeteksi ratusan juta serangan DoS (ilustrasi)

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) mengungkapkan bahwa situs web mereka diserang cyber massal yang mencapai ratusan juta kali. Anggota KPU RI, Betty Epsilon Idroos, menyampaikan hal ini di kantor pusat KPU di Jakarta pada Rabu (14/2).

Serangan tersebut merupakan jenis serangan Denial of Service (DoS), yang dilakukan dengan membanjiri lalu lintas jaringan pada aplikasi pada server, sistem, atau situs web. Tujuannya adalah untuk membuat lalu lintas server terbebani sehingga tidak mampu menampung koneksi dari pengguna lain (overload).

Menurut Betty, situs web KPU memuat informasi dan data terkait Pemilu 2024. Meskipun situs pemilu resmi berada di infopemilu.kpu.go.id, hampir semua situs yang dimiliki KPU diserang, termasuk situs web utama, kpu.go.id.

PKP EXPO

BACA JUGA: Memahami Investasi Emas: Keuntungan, Kekurangan, dan Pentingnya Diversifikasi Portofolio

Betty juga menginformasikan bahwa kondisi tersebut langsung ditangani oleh Satgas Keamanan Siber KPU. Setelah menyalurkan hak suaranya di pagi hari, Betty langsung memeriksa kendala tersebut.

“Alhamdulillah, hari ini situs web kpu.go.id sudah mulai pulih. Mudah-mudahan semuanya masih dalam kendali untuk diperbaiki oleh KPU,” ujarnya.

Pemilu 2024, yang meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota, menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

BACA JUGA: Pesan Presiden Jokowi Agar Masyarakat Hadiri Proses Penghitungan di TPS

Pemilu ini diikuti oleh 18 partai politik nasional dan enam partai politik lokal sebagai peserta. Untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, terdapat tiga pasangan calon yang bersaing.

Rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari hingga 20 Maret 2024, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022. (*)

Sumber: jpnn

Editor: Denni Risman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG