BI Ingatkan Masyarakat Riau: Penukaran Uang Rupiah Pecahan Kecil di Tempat Resmi

BI Ingatkan Masyarakat Riau: Penukaran Uang Rupiah Pecahan Kecil di Tempat Resmi
BI mengingatkan warga Riau untuk lakukan penukaran uang rupiah di tempat resmi (ilustrasI)
HARRIS BARELANG

PEKANBARU – Bank Indonesia (BI) mengingatkan kepada seluruh masyarakat Riau untuk melakukan penukaran uang rupiah pecahan kecil di tempat-tempat resmi. Langkah ini diambil dalam upaya meminimalisir risiko beredarnya uang palsu dan transaksi jual beli rupiah yang bertentangan dengan hukum.

Panji Achmad, Kepala Perwakilan BI Provinsi Riau, menjelaskan bahwa masyarakat dapat melakukan penukaran uang rupiah pecahan kecil di seluruh unit atau cabang perbankan, kas keliling Bank Indonesia, atau pada saat kegiatan penukaran uang bersama BI dan perbankan yang sudah terjadwal.

“Dalam momen seperti ini, kita sangat khawatirkan tentang kemungkinan beredarnya uang palsu. Selain itu, dengan melakukan penukaran di tempat resmi, jumlah uang yang diterima dapat lebih akurat sesuai dengan jumlah yang ditukar,” ujarnya pada Jumat (22/3/2024).

Di Kota Pekanbaru, menjelang Lebaran Idulfitri, banyak pihak yang menawarkan jasa penukaran uang di pinggir jalan.

Namun, uang yang ditukarkan tidak akan utuh karena adanya potongan biaya sebesar 10% hingga 20%. Ini berarti, jumlah nominal uang yang diterima tidak sesuai dengan jumlah yang ditukarkan.

Penukaran uang rupiah pecahan kecil telah dimulai sejak tanggal 15 Maret hingga 5 April 2024 di seluruh bank dan kas keliling. Sedangkan, layanan penukaran uang Bank Indonesia akan dilaksanakan pada tanggal 25 hingga 27 Maret 2024 di halaman samping Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau.

BI telah menyiapkan dana sebesar Rp6,031 triliun untuk kebutuhan Lebaran Idulfitri 1445 H/2024 di Provinsi Riau. Jumlah ini menunjukkan peningkatan sebesar 13,8% (yoy) dibandingkan dengan kebutuhan uang pada Lebaran sebelumnya.(kur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG