SIM Baru dengan Gambar Kendaraan Mulai Berlaku Juli 2024: Korlantas Polri Mempermudah Identifikasi Jenis SIM

SIM Baru dengan Gambar Kendaraan Mulai Berlaku Juli 2024: Korlantas Polri Mempermudah Identifikasi Jenis SIM
Mulai 1 Juli 2024, Korlantas Polri terapkan SIM format baru (ilustrasi)

BATAM – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah mengumumkan bahwa Surat Izin Mengemudi (SIM) akan mengalami perubahan format baru mulai 1 Juli 2024.

Pada format baru ini, akan ditambahkan gambar kendaraan baik mobil maupun motor untuk mempermudah identifikasi jenis SIM yang digunakan.

Kasubdit SIM Kombes Pol Heru Sutopo menjelaskan bahwa langkah ini bertujuan untuk memudahkan petugas lalu lintas di luar negeri, khususnya di wilayah ASEAN, dalam mengidentifikasi peruntukan SIM untuk mengemudi jenis kendaraan apa.

KPU KEPRI

“Format SIM baru ini akan diterapkan untuk pertama kalinya pada bulan Juli mendatang,” kata Heru seperti yang dilansir dari Kompas.com pada Rabu (12/6/2024).

Bagi pemohon yang akan melakukan perpanjangan atau pembuatan SIM mulai tanggal tersebut, mereka akan langsung mendapatkan format baru dengan gambar kendaraan mobil atau motor sesuai dengan kategori SIM yang mereka ajukan.

Selain itu, SIM Indonesia juga diakui di beberapa negara ASEAN berdasarkan agreement of the Recognition of Domestic Driving Licence yang telah disepakati sejak tahun 1985.

Beberapa negara termasuk dalam kesepakatan tersebut antara lain Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Vietnam, Laos, dan Myanmar.

Di Singapura, SIM Indonesia berlaku selama 12 bulan setelah kedatangan, sedangkan di Malaysia, pengendara harus memiliki SIM Internasional dan SIM Indonesia yang masih berlaku.

Format baru ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kejelasan bagi pengemudi serta memperkuat standar internasional dalam pengakuan SIM Indonesia di wilayah ASEAN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO