Portugal Menang Dramatis 2-1 atas Republik Ceko di Euro 2024

Portugal Menang Dramatis 2-1 atas Republik Ceko di Euro 2024
Portugal menang dramatis atas Ceko dengan skor 2-1 di EURO 2024. Ronaldo gagal mencetak gol. (foto reuters)

LEIPZIG – Timnas Portugal berhasil menang dramatis 2-1 atas Republik Ceko dalam pertandingan Grup E Euro 2024 yang digelar di Red Bull Arena pada Rabu (19/6/2024) dini hari WIB.

Pertandingan dimulai dengan agresivitas tinggi dari Portugal. Pada menit kedelapan, Cristiano Ronaldo hampir mencetak gol melalui sundulan setelah menerima umpan silang dari sisi kiri, namun bola belum mengarah ke gawang.

Portugal terus menekan untuk mencetak gol cepat. Pada menit ke-25, tendangan Ruben Dias diblok oleh Pavel Sulc, memperlihatkan tekad Ceko untuk bertahan dengan baik.

KPU KEPRI

BACA JUGA: Euro 2024, Prancis Menang Tipis 1-0 atas Austria: Mbappe Cedera Parah

Ceko berhasil membuat Portugal frustrasi dengan menutup serangan dari sektor tengah, sementara tekanan dari kedua sayap belum membuahkan hasil. Kiper Jindřich Staněk berhasil menggagalkan peluang emas Ronaldo pada menit ke-45+1, sehingga babak pertama berakhir tanpa gol.

Di babak kedua, Ronaldo kembali mendapat peluang bagus melalui tendangan bebas pada menit ke-58, tetapi tendangan bebasnya yang mengarah ke tengah gawang masih bisa ditangkap oleh Staněk.

Republik Ceko justru berhasil unggul lebih dulu melalui gol Lukas Provod pada menit ke-62. Berawal dari umpan tarik Vladimir Coufal dari sisi kanan. Provod yang berdiri di depan kotak penalti melepaskan tendangan placing ke pojok kiri gawang Portugal, membuat kedudukan menjadi 1-0.

BACA JUGA: Tim Gabungan Polresta Barelang dan Polsek Sekupang Tangkap Tiga Pelaku Jambret

Portugal hanya membutuhkan waktu tujuh menit untuk menyamakan kedudukan. Dari umpan silang Vitinha ke tiang jauh di sisi kiri, Nuno Mendes menyundul bola ke gawang Ceko.

Meskipun Staněk berhasil menepis bola, bola rebound mengenai kaki Robin Hranáč dan masuk ke gawang sendiri. Skor berubah menjadi 1-1.

Di menit ke-87, Diogo Jota berhasil membobol gawang Ceko dalam kemelut di depan gawang. Namun gol tersebut dianulir setelah pengecekan VAR menunjukkan bahwa Ronaldo lebih dulu offside.

Gol penentu kemenangan Portugal tercipta pada menit ke-90+2 melalui sepakan Francisco Conceição.

Bermula dari umpan silang Pedro Neto dari sisi kiri, bek Ceko Robin Hranáč salah membuang bola sehingga jatuh dekat kaki Conceição. Dia langsung mengeksekusinya menjadi gol.

Portugal pun unggul 2-1 hingga akhir pertandingan.

Dengan kemenangan ini, Portugal semakin memperkuat posisinya di Grup E Euro 2024, sementara Republik Ceko harus bekerja keras untuk laga berikutnya. (*)

# portugal menang dramatis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO