Update 17 Agustus 2020 Batam, 7 Positif Ada Warga Grand BSI dan Pasien Baru Tiba dari Kota Medan

Update 17 Agustus 2020 Batam, 7 Positif Ada Warga Grand BSI dan Warga Nongsa Pulang dari Kota Medan
HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Pada hari ini Senin, 17 Agustus 2020, disampaikan rilis kasus terkonfirmasi positif COVID-19 Kota Batam. Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam berdasarkan hasil temuan kasus baru dan hasil tracing di Kota Batam. Terkonfirmasi positif Covid-19 pada kasus ini adalah 7 (tujuh) orang warga Kota Batam yang terdiri dari 3(tiga) orang laki-laki dan 4 (empat) orang perempuan. Berikut ini riwayat perjalanan penyakit dari pasien terkonfirmasi tersebut sebagai berikut:

1. Terkonfirmasi Kasus Nomor. 402, Ny. AA, Perempuan, 30 Th, Ibu Rumah Tangga (IRT), beralamat di kawasan Perumahan Kampung Melayu Kelurahan Batu Besar Kecamatan Nongsa Kota Batam. Yang bersangkutan datang berobat ke RS Soedarsono Darmo Soewito dengan keluhan batuk kering sejak seminggu yang lalu.

Perlu diketahui yang bersangkutan pada tanggal 04 Agustus 2020 baru tiba dari Kota Medan. Sesuai dengan keluhannya tersebut maka dilakukan pemeriksaan secara intensif antara lain pemeriksaan RDT yang hasilnya diperoleh “IgG,IgM Reaktif” dan diedukasi untuk isolasi mandiri di rumahnya.

Kemudian sesuai hasil pemeriksaan RDT tersebut pada tanggal 13 Agustus 2020 dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini Terkonfirmasi “Positif”. Saat ini yang bersangkutan tengah dalam persiapan evakuasi untuk ditempatkan pada ruang perawatan isolasi/karantina rumah sakit rujukan Covid-19 RSUD Embung Fatimah Batam dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

2. Terkonfirmasi Kasus Nomor. 403, Tn. SB, Laki-laki, 50 Th, Karyawan Swasta, beralamat di kawasan perumahan Citra Batam Kelurahan Teluk Tering Kecamatan Batam Kota Kota Batam. Yang bersangkutan terkait dengan kasus Terkonfirmasi “342” maka pada tanggal 13 dan 14 Agustus 2020 dilakukan pemeriksaan swab/PCR yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini Terkonfirmasi “Positif”.

Saat ini yang bersangkutan tengah dalam persiapan evakuasi untuk ditempatkan pada ruang perawatan isolasi/karantina rumah sakit rujukan Covid-19 RSKI Covid-19 Galang dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

3. Terkonfirmasi Kasus Nomor. 404, Ny. H, Perempuan, 47 Th, Ibu Rumah Tangga (IRT), beralamat di kawasan perumahan Orchid Garden Kelurahan Baloi Indah Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam. Yang bersangkutan datang berobat ke Poli Paru RS Harapan Bunda Batam dengan keluhan batuk berdahak dan pilek disertai sakit tenggorokan.

Sesuai dengan keluhannya tersebut maka dilakukan pemeriksaan secara intensif dan ditegakkan diagnosa “ISPA+Susp, Covid-19” dan diedukasi untuk isolasi mandiri di rumahnya. Selanjutnya pada tanggal 13 Agustus 2020 dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini Terkonfirmasi “Positif”.

Saat ini yang bersangkutan tengah dalam persiapan evakuasi untuk ditempatkan pada ruang perawatan isolasi/karantina rumah sakit rujukan Covid-19 RSKI Covid-19 Galang dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil. Tentang Warga Batam Terkonfirmasi Positif COVID-19, No. 402 – 408 Dari Hasil Temuan Kasus Baru dan Hasil Tracing 17 Agustus 2020 Pukul 19.00 WIB.

4. Terkonfirmasi Kasus Nomor. 405, Ny. TSW, Perempuan, 39 Th, Karyawan Swasta, beralamat di kawasan perumahan Grand BSI Kelurahan Belian Kecamatan Batam Kota Kota Batam. Yang bersangkutan datang berobat ke RS St Elisabeth Lubuk Baja Batam dengan keluhan demam, batuk berdahak disertai kepala pusing.

Sesuai dengan keluhannya tersebut maka dilakukan pemeriksaan secara intensif dan ditegakkan diagnosa “Pneumonia Ringan+Susp, Covid-19” dan diedukasi untuk isolasi mandiri di rumahnya. Selanjutnya pada tanggal 13 Agustus 2020 dilakukanlah pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini Terkonfirmasi “Positif”.

Saat ini yang bersangkutan tengah dalam persiapan evakuasi untuk ditempatkan pada ruang perawatan isolasi/karantina rumah sakit rujukan Covid-19 RSKI Covid-19 Galang dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

5. Terkonfirmasi Kasus Nomor. 406, Tn. I, Laki-laki, 30 Th, Karyawan Swasta, beralamat di kawasan Komplek perumahan YKB Kelurahan Bengkong Laut Kecamatan Bengkong Kota Batam. Yang bersangkutan datang berobat ke RS St Elisabeth Lubuk Baja Batam dengan keluhan demam, batuk disertai nyeri menelan dan sakit kepala.

Sesuai dengan keluhannya tersebut maka dilakukan pemeriksaan secara intensif dan ditegakkan diagnosa “Pneumonia Ringan+Susp, Covid-19” dan diedukasi untuk isolasi mandiri di rumahnya.

Selanjutnya pada tanggal 13 Agustus 2020 dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini Terkonfirmasi “Positif”. Saat ini yang bersangkutan tengah dalam persiapan evakuasi untuk ditempatkan pada ruang perawatan isolasi/karantina rumah sakit rujukan Covid-19 RSKI Covid-19 Galang dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

6. Terkonfirmasi Kasus Nomor. 407, Tn.R, Laki-laki, 46 Th, Swasta, beralamat di kawasan perumahan Sandona Carissa Kelurahan Tiban Indah Kecamatan Sekupang Kota Batam. Yang bersangkutan datang berobat ke RS Budi Kemuliaan Batam dengan keluhan demam, batuk disertai dengan penurunan nafsu makan.

Sesuai dengan keluhannya tersebut maka dilakukan pemeriksaan secara intensif berupa pemeriksaan RDT yang diperoleh hasil “Non Reaktif” dan dilanjutkan dengan pemeriksaan Rontgen Thorak dengan kesan “Susp Kardiomegali /sesuai gambar viral pneumoni typical covid”. Sesuai gambaran tersebut selanjutnya dokter menegakkan diagnosa “Susp, Covid-19+HHD+Prolonged Fever” dan direkomendasi untuk dilakukan perawatan di ruang isolasi rumah sakit guna penanganan kesehatannya lebih lanjut.

Kemudian pada tanggal 14 Agustus 2020 dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini Terkonfirmasi “Positif”. Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan relatif stabil dan masih ditempatkan pada ruang perawatan isolasi/karantina di rumah sakit Budi Kemuliaan Batam.

7. Terkonfirmasi Kasus Nomor. 408, Ny.PTM, Perempuan, 35 Th, Wiraswasta, beralamat di kawasan perumahan Citra Batam Kelurahan Teluk Tering Kecamatan Batam Kota Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan istri dari Terkonfirmasi positif “403”. Terkait dengan kasus terkonfirmasi nomor “342” maka pada tanggal 14 Agustus 2020 yang bersangkutan bersama suaminya melakukan pemeriksaan swab/PCR yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini Terkonfirmasi “Positif”.

Saat ini yang bersangkutan tengah dalam persiapan evakuasi untuk ditempatkan pada ruang perawatan isolasi/karantina rumah sakit rujukan Covid-19 RSKI Covid-19 Galang dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

Sesuai dengan hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan hingga saat ini terhadap seluruh cluster Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kota Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster yang ada ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor.

Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan himbauan dari Pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19.

Selanjutnya diingatkan dan dihimbau kembali kepada seluruh masyarakat Kota Batam guna kemaslahatan bersama agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah untuk menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja, mengenakan masker jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup.

Demikian disampaikan untuk menjadi maklum. GUGUS TUGAS COVID-19 KOTA BATAM Ketua H. MUHAMMAD RUDI.(*)

Editor : Dedy Suwadha

Update 16 Agustus 2020 Batam, 6 Positif Baru Cluster Anggota Polri dan Warga Taman Raya Tahap 3 Batam Kota

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG