Kadin Khawatir UKM Batam Tidak Dapat Promosi di Singapura

BATAM, WARTAKEPRI.co.id – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) butuh dukungan pemerintah dalam pemasaran produknya ke luar negeri. Hal ini disampaikan Ketua Bidang UKM Kadin Kepri, Andi Bola dalam diskusi jurnalis bersama Bank Mandiri yang digelar di Venesia Hotel Batam Centre, Senin (29/2).

“Yang dibutuhkan UKM adalah peluang. Bagaimana pemerintah mencari peluang, dan dukungan untuk pemasaran, misal pameran ke Singapura. Karena kalau per orangan butuh biaya besar,” kata Andi.

Selain dukungan pemasaran, UKM Batam juga butuh bantuan modal khususnya dari perbankan. Menurutnya bunga bank untuk pinjaman yang berlaku di Indonesia cukup tinggi dibanding negara tetangga.

KPU KEPRI

“UKM di Batam lebih jago dari Malaysia. Berpuluh tahun lalu kita sudah dagang di situ. Yang perlu dipertimbangkan, permodalan. Kalau pinjaman, jangan bunga tinggi. Lemahnya Indonesia di bunga. Malaysia 2,5-3 persen bahkan tidak pakai bunga meski bukan hibah. Ini yang kita kalah bersaing,” ujarnya.

Andi menilai Masyarakat Ekonomi Asean saat ini memang belum terasa bagi pelaku usaha kecil. Ibarat gelombang, belum terlalu besar.

“Tapi kita jangan ketinggalan. Sekarang memang belum terasa. Nanti tiba-tiba orang Thailand ada yang jual ikan bakar di kita, orang Malaysia pun sudah siap masuk ke kita,” pesannya.(mcb/ded)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO