Bebas Polio 2020, Anak Usia di Bawah 5 Tahun Sebaiknya Diimunisasi Polio

BATAM, WARTAKEPRI.co.id – Pemerintah Kota Batam siap mensukseskan program Pekan Imunisasi Nasional yang akan digelar pada 8-15 Maret 2016. Kepala Dinas Kesehatan, Chandra Rizal mengatakan untuk pencanangan tingkat Kota Batam akan dilaksanakan di Puskesmas Tiban Indah, Selasa 8 Maret 2016 mendatang.

“Program ini dalam rangka eradikasi polio 2020,” kata Chandra Rizal, Kamis (3/3/2016).

Demi mensukseskan program ini, telah dibentuk kelompok kerja (pokja) yang terdiri dari lintas sektor. Dan telah disiapkan 661 pos PIN yang tersebar di seluruh wilayah Batam. Dengan dukungan 1.814 kader serta 708 tenaga kesehatan.

KPU KEPRI

Masyarakat khususnya yang memiliki anak usia 0-59 bulan diminta proaktif datang ke pos-pos PIN untuk imunisasi anaknya. Bisa ke Posyandu, Poskesdes, Polindes, dan Puskesmas.

” Selain itu juga disiapkan pos PIN di empat pelabuhan udara dan laut, yang dikoordinasikan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan. Jadi yang bawa anak di pelabuhan, bisa langsung diberikan. Sehingga jangan sampai ada yang terlepas,” ujarnya.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, terdapat 122 ribu anak usia di bawah lima tahun yang menjadi sasaran. Namun setelah didata oleh petugas kesehatan bekerjasama dengan RT/RW, jumlahnya tidak sampai angka tersebut.

Meski begitu, petugas tetap melakukan proses pendataan hingga hari H pelaksanaan. Guna meminimalisir anak yang tidak terdata.

“Dan kami menghimbau seluruh masyarakat yang punya keluarga, anak, cucu, diwajibkan hadir ke Pos PIN terdekat. Gratis, tidak bayar. Cukup dua tetes vaksin memberikan kekebalan tubuh anak dari penyakit,” sebut Chandra.

Ia meminta masyarakat tidak perlu khawatir tentang kehalalan vaksin ini. Karena Majelis Ulama Indonesia telah mengeluarkan fatwa nomor 4 tahun 2016 tentang kehalalan dan keamanan vaksin imunisasi ini.(ktk/mcb/ded)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO