INSA Dukung Kebijakan Maritime Base

563

FANINDO

WARTAKEPRI.co.id, JAKARTA  – Indonesian Nasional Shipowners Association (INSA) atau Asosiasi Pengusaha Pelayaran Nasional mendukung kebijakan pembangunan nasional yang selama ini berbasis daratan (land based oriented development) atau yang dikenal dengan agraris menjadi pembangunan berorientasi maritime (Maritime based oriented development).

Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto menuturkan, langkah pemerintah tersebut merupakan hal yang seharusnya dilakukan. Sebab, DNA Indoneaia adalah negara maritim.

“Bangsa Indonesia harus menyadari dan melihat diri sebagai bangsa yang identitasnya, kemakmurannya, dan masa depannya sangat ditentukan oleh bagaimana kita mengelola samudera,” papar Meme, begitu wanita ini kerap disapa seperti yang di langsir di laman suaramardeka.

Kebijakan perubahan kebijakan tersebut, kata Meme, konsep pembangunan akan lebih fokus ke sektor maritim. Dengan demikian, kata dia, moda transportasi laut menjadi pilihan utama dan pendorong ekonomi naaional. Sehingga konsep angkutan laut The Ship follow The Trade adalah landasan yang dipegang.

Untuk itu, tambah Meme, INSA mengusulkan agar pemerintah mempercepat pelaksanaan Anggaran Belanja Pemerintah, terutama yang terkait infrastruktur, seperti pembangunan Power Plant, pembangunan pelabuhan, jalan dan kapal.

Optimalisasi pengelolaan sumber daya alam di setiap daerah, terutama bidang energi. Kebijakan yang Pro Bisnis, INSA meminta ada equal treatment antara industri pelayaran di luar negeri dengan industri pelayaran dalam negeri. Skema term of trade untuk ekspor menggunakan CIF dan untuk Impor menggunakan FOB.

Ia optimis, dengan adanya keinginan kuat pemerintah dibantu oleh INSA dan stake holder lainnya, maka seluruh modal yang dimiliki Indonesia tersebut akan menjadi landasan yang kuat untuk mengimplementasikan salah satu program pemerintah Indonesia yaitu menciptakan Tol Laut dan Poros Maritim Dunia.***

Honda Capella