Wujudkan Perlindungan Maritim Indonesia, Kantor DPW Khusus INAMPA Kepri dan Asean Resmi Beroperasi

321
Kasubdit Pemanduan dan Penundaan Kapal Direktorat Kepelabuhanan, Capt Yohsua P S I Antonie mewakili Dirjenhubla didampingi Presiden INAMPA Pasoroan Herman Harianja (dua kanan), bersama stakeholder kemaritiman meresmikan Kantor DPW Khusus INAMPA Kepri dan Asean, di Batam, Kamis (1/9/2022). (Foto Adi/WartaKepri)

BATAM – Sebagai organisasi profesi perwira pandu maritim di Indonesia. Kantor Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Khusus Indonesian Maritime Pilots Association (INAMPA) Kepri dan ASEAN resmi beroperasi.

Sekaligus meresmikan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Maccahma Dhina Hartiendspin yang telah mendapat izin resmi dari Kemenhub melalui Dirjenhubla dalam kegiatan Pemanduan dan Penundaaan Kapal di perairan Batam dan sekitarnya.

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol dan penanda tanganan prasasti oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Arif Toha Tjahjagama, DEA yang diwakili oleh Kasubdit Pemanduan dan Penundaan Kapal Direktorat Kepelabuhanan, Capt Yohsua P S I Antonie, Kamis (1/9/2022)

Dirjend Hubla Kemenhub, Arif Toha Tjahjagama, DEA dalam video offline menyampaikan, INAMPA mempunyai peran penting dan stratgeis melalui sumbangsih pikiran positif. Organisasi ini saling bersinergi dengan pemerintah mewujudkan keselamatan, keamanan lalu lintas kapal serta perlindungan maritim di Indonesia dan internasional.

“Kepada presiden INAMPA beserta pengurus pusat dan wilayah di Indonesia serta seluruh anggota Pandu Maritim Indonesia di bawah naungan INAMPA saya ucapkan selamat atas peresmian kantor baru Inampa di Batam. Semoga INAMPA semakin sukses dalam memberikan jasa layanan prima yang efisien, efektif dan profesional,” ujar Arif Toha.

Dia menjelaskan, diresmikannya kantor khusus Inampa Kepri dan Asean, merupakan bentuk tanggung jawab moral dan operasional dari pengurus pusat dan wilayah Inampa untuk ikut serta membantu pemerintah mewujudkan visi kemartitiman menjadi indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Saya berharap INAMPA terus berkembang, bekerja keras dan meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah maupun stakeholder lainnya baik di dalam maupun di luar negeri,” harap Arif.

Sementara itu, Presiden INAMPA Pasoroan Herman Harianja mengatakan, keberadaan kantor INAMPA merupakan tempat berkoordinasi bersama stakeholdaer kemaritiman yang menggunakan jasa pemanduan dan penundaan kapal.

“Ini tempat kita berkoordinasi, tidak hanya sebatas untuk PT Maccahma Dhina Hartiendspin (MDH) termasuk yang berhubungan dengan PT. Pelindo, PT. Bias dan BUP pemanduan lainnya yang ada di Batam,” jelas Herman

MDH salah satu operator pemanduan yang sudah diberikan izin Kemenhub beroperasi April 2022, sudah memandu 50 kapal dengan lima perwira pandu. MDH juga dilengkapi dengan sarana bantu navigasi, kapal pandu, kapal tunda, office dan perangkat komunikasi radio.

Dia menyebut, diberikannya kekhususan pada Kantor DPW Khusus INAMPA Kepri dan Asean, dikarenakan Batam dan Kepri merupakan miniatur kemaritiman di Indonesia. Sebab letak wilayah geografis Kepri dan Batam berhadapan langsung dengan selat Malaka dan selat Singapura yang dilalui 200 kapal berbagai tipe setiap hari.

“Oleh sebab itu perlu atensi khusus, INAMPA memberikan pelayanan yang efisien efektif dan profesional dan terkoordinasi dengan aparat vertikal mulai dari Kemenhub, Kemenkeu, Dirjen imigrasi, TNI AL, Kepolisian termasuk koordinasi secara horizontal dengan Pemda,” jelasnya.

Kantor DPW Khusus INAMPA Kepri dan Asean yang berada di Kompleks Ruko Town House Cipta Land, Blok Tulip Nomor 33 A, Tiban Indah, Sekupang, Batam. Akan menjadi training house tempat untuk menambah pengetahuan, berbagi pengalaman di bidang kemaritiman.

“Dilingkungan kantor dilengkapi dengan Cafe maritime, direncanakan Oktober 2022 mendatang ada Coffee morning bidang kemaritiman dengan pembicara dari Danlanal Batam, dan Syamsul Bahrum, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kepri membahas perekonomian,” ujarnya.

Komandan Lanal Batam, Kolonel Laut (KH) Farid Ma’ruf mengatakan, menyambut baik adanya organisasi profesi INAMPA Kepri dan Asean di Batam. Dia berharap kolaborasi dan sinergitas di bidang kemaritiman dapat terus ditingkatkan.

“Intinya semoga kita bisa melaksanakan kegiatan bersama, bersinergi dan berkolaborasi dan lebih penting berikan informasi di laut sesuai dengan kondisi reel di lapangan. Ini adalah keamanan yang sudah bagus, perlu kita tingkatkan kerjasama dengan instansi dan stakeholder terkait,” ucap Danlanal Farid Ma’ruf.

Peresmian Kantor DPW Khusus INAMPA Kepri dan Asean turut dihadiri oleh stakeholder dibidang kemaritiman seperti Kemenhub, KSOP Khusus Batam, Pemprov Kepri, TNI AL, Bakamla, Polairud, Guskamla, Karantina, Imigrasi, Bea Cukai, Pelindo. (*)

Penulis/Editor: Yusuf Riadi

Honda Capella

FANINDO