Bupati Bintan: Kalau Istri Hebat Masak Ikan, Pasti Suami Betah Dirumah

534

WARTAKEPRI.co.id , BINTAN – Tim Penggerak PKK Kabupaten Bintan bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bintan serta BP2KP Kabupaten Bintan menggelar Lomba Masak serba ikan dan lomba cipta menu B2SA, di Bandar Seri Bentan Aula Kantor Bupati Bintan.

Kegiatan tahun ini dengan tema “Melalui lomba masak serba ikan dalam rangka mendukung pengelolaan sumber daya pangan lokal demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat Bintan gemilang” makanlah makanan yang beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA) untuk hidup sehat aktif dan produktif.

Laporan ketua panitia, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bintan Dr. H. Elizar Juned mengatakan, kegiatan ini serentak dilaksanakan dengan mengundang para Pengurus PKK Kecamatan se Bintan sebagai peserta dalam kegiatan ini, Senin (16/5/2016)

Adapun maksud dan tujuan acara ini, Drh. Elizar Juned mengatakan, kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam mengelola masakan dari sumber serba ikan. Serta menghasilkan masakan yang mengundang selera serta mempromosikan keanekaragaman bahan pangan dan menyebarluaskan kandungan yang bergizi baik dalam aneka ikan.

“ Untuk yang juara 1 nanti, akan mewakili Kabupaten Bintan di ajang serupa namun di tingkat Provinsi Kepri,” ujar Drh. Elizar Juned.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Bintan, Debi Apri Sujadi mengatakan, keberhasilan suatu bangsa salah satunya merupakan peran perempuan. Perempuan mempunyai peran andil dalam penanggulangan kemiskinan melalui kelompok-kelompok perempuan seperti TP PKK di Kecamatan.

“ Melalui kerjasama ini, ibu – ibu yang tergabung dalam TP PKK khususnya PKK Kecamatan se Bintan dapat menambah kreatifitas maupun pemahaman mengenai pengolahan makanan serba ikan.

Untuk itu, dalam sambutanya Bupati Bintan, H. Apri Sujadi, S.Sos mengatakan, bahwa lomba memasak ikan ini, menurutnya dapat membuat para suami betah dirumah, dikarenakan para istrinya gemar memasak.

“Kalau ibu hebat memasak pasti bapaknya betah dirumah dan tentunya kegiatan ini memberikan dukungan budaya serta karakter masyarakat Bintan,” ujar Apri Sujadi.

Menurut Apri Sujadi, Kawasan Bintan memiliki luas lautan lebih banyak dibandingkan dengan luas daratannya. Tentunya, hal ini akan sejalan dengan mempromosikan gemar memasak dan makan serba ikan.

“Peran PKK, saya pikir menjadi ujung tombak sebagai mitra pemrintah dalam memberikan pemahaman bahwa kandungan gizi dalam ikan sangat besar untuk kesehatan,” ujar Apri Sujadi.

Adapun juara pemenang pada Lomba Gemar Ikan antara lain, Harapan 3 Kecamatan Teluk Bintan, Harapan 2 Kecamatan Bintan Utara, Harapan 1 Kecamatan Bintan Timur, Juara 3 Kecamatan Mantang, Juara 2 KecamatanToapaya dan Juara 1 kecamatan Gunung Kijang.

Sedangkan juara kategori B2SA antara lain, juara Harapan 3 kecamatan Gunung Kijang, Harapan 2 Kecamatan Sri Kuala Lobam, Harapan 1 Kecamatan Toapaya, Juara 3 Kecamatan Mantang, Juara 2 Kecamatan Bintan Timur, dan Juara 1 Kecamatan Tambelan.

Sedangkan untuk Pemenang penilaian kelompak wanita tani antara lain, juara Harapan 3 KWT Cenut 1 Kecamatan Mantang, Harapan 2 KWT Rosella Kecamatan Toapaya, Harapan 1 KWT Mekar Sari Kecamatan Bintan Timur, Juara 3 KWT Melur Kecamatan Toapaya, Juara 2 KWT Bogenvil Kawal kecamatan Gunung Kijang, Juara 1 KWT Mandiri Air Kelubi kecamatan Bintan Pesisir.

Turut hadir, Bupati Bintan, Wakil Bupati Bintan, Sekda Bintan, Anggota DPRD Kepri, Anggota DPRD Bintan, Kepala SKPD Bintan, Ketua PKK Bintan, Pimpinan GOW, Pengurus PKK Kecamatan, Camat, Tamu undangan dan hadirin yang hadir.(humas)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel