Akhirnya Lingga Tarik PAD Parkir Mulai 22 Juni 2016

Warta lingga pos suasana parkir di kabupaten lingga
GALERI 24

WARTAKEPRI.co.id, LINGGA – Mulai 22 Juni mendatang, Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dishubkominfo akan memberlakukan biaya parkir kendaraan bermotor disejumlah lokasi pinggir jalan umum yang digunakan oleh pengendara di Lingga.

” Pungutan parkir berbayar ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan PAD, upaya ini pastinya akan sangat membantu perkembangan pembangunan di Lingga,” ujar Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan komunikasi dan Informasi Kabupaten Lingga, Rahadi, Selasa (14/6/2016).

Menurutnya, retribusi parkir sangat besar dampaknya untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Lingga. Dilakukan karena jumlah kendaraan di Lingga khususnya di Dabo-singkep sudah cukup padat.

Meskipun pungutan biaya parkir untuk daerah Daik belum dilakukan, kata Rahadi, akan tetapi ruas jalan yang akan dilakukan pungutan biaya parkirnya adalah Jalan Pasar Lama, Jalan Merdeka, dan Jalan Kesehatan di Dabo-Singkep.

Dijelaskannya, pemungutan retribusi ini dilakukan sesuai dengan Perda nomor 15 tahun 2011 dan Peraturan Bupati Lingga Nomor 19 tahun 2015 tentang retribusi jasa parkir pada beberapa ruas jalan.

Sedangkan untuk tarif pungutannya adalah, untuk tarif kendaraan bermotor roda dua sebesar Rp 1000, dan untuk roda empat seperti Sedan, Pick Up serta sejenisnya dikenakan tarif Rp 2000, ulasnya.

Disamping itu, untuk kendaraan jenis Minibus dikenakan biaya Rp 3000, Bus Rp 5000, angkutan barang roda empat sejenisnya Rp 5000, dan angkutan barang roda enam Rp 7000, lanjutnya.

” Semua pungutan terhadap parkirnya, akan dilakukan melalui tiket yang telah diberikan kepada pengendara, hal itu diterapkan sesuai dengan sistim kontrak Mou,” ujarnya lagi.

Dalam pengelolaannya, nantinya akan melibatkan sejumlah Ormas dan OKP. Diantaranya adalah Pemuda Pancasila, Pemuda Panca Marga, APKLI dan Asosiasi Wartawan Lingga (AWL), imbuhnya. (ichsan/kabarlingga)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News