Perlengkapan Wajib dipersiapkan Para Pemudik dengan Skutik



WARTAKEPRI.co.id –¬†Hari Raya Idulfitri segera tiba. Mudik atau pulang kampung akan menjadi agenda selanjutnya bagi mereka yang punya kampung halaman. Tiket penerbangan, kereta api, dan bus pun sudah dipesan sejak jauh hari.

Bagi pemudik yang kampung halamannya tidak terlalu jauh, mudik menggunakan sepeda motor bisa menjadi pilihan. Selain menghemat biaya tiket perjalanan, waktu tempuh bisa lebih cepat jika dibandingkan dengan mobil atau bus yang biasanya sering terjebak kemacetan parah.

Menurut Mohammad Masykur, Asisten General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, ada beberapa perlengkapan wajib yang harus dipersiapkan saat Anda memilih mudik dengan skutik. Silakan simak daftar di bawah ini.

Honda Capella

Perlengkapan berkendara

Perlengkapan berkendara seperti jaket antiair, masker, sarung tangan yang menutup seluruh bagian jari, celana panjang, sepatu, dan helm merupakan perlengkapan yang wajib Anda persiapkan sebelum melakukan perjalanan mudik.

Gunakan helm berstandar SNI dan lebih dianjurkan menggunakan model full face untuk melindungi dagu atau rahang Anda jika terjadi kecelakaan.

Jas hujan

Persiapkan jas hujan dan hindari penggunaan model ponco. Jas hujan model ponco dapat membahayakan keselamatan pengendara karena berisiko tersangkut pada ban skutik. Selain itu, jas hujan model ponco yang mudah berkibar dapat menghalangi pandangan pengendara di belakang Anda yang juga akan membahayakan keselamatan pengendara lain.

Kotak P3K

Jangan sepelekan perlengkapan P3K saat melakukan perjalan jauh dengan skutik. Perlengkapan P3K yang sederhana, seperti obat luka, minyak angin, balsem, plester, kapas, kasa, dan obat-obatan ringan wajib Anda bawa selama perjalanan mudik. Kemas perlengkapan tersebut dengan plastik atau wadah antiair sehingga selalu terjaga dalam kondisi baik saat akan digunakan dalam keadaan darurat.

Air minum

Perjalanan mudik yang melelahkan dan kondisi selama perjalanan yang tak dapat diprediksi membuat Anda harus mempersiapkan air minum secukupnya. Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan dehidrasi dan mengurangi konsentrasi saat berkendara.

Saat berhenti untuk istirahat pastikan untuk selalu mengisi kembali botol minum Anda. Makanan ringan juga bisa dibawa selama perjalanan untuk camilan saat lapar, sehingga energi yang terkuras selama perjalanan bisa kembali lagi.

Uang tunai

Jangan lupa untuk membawa uang tunai secukupnya selama perjalanan. Selain untuk makan, minum, dan mengisi bahan bakar, uang tersebut bisa digunakan untuk penggantian spare part skutik selama perjalanan.

Salah satu bagian dari skutik yang harus diperiksa secara berkala dalam perjalanan mudik adalah rem. Berbeda dengan motor manual yang bisa mengandalkan engine brake untuk mengontrol dan memperlambat laju kendaraan, skutik sangat mengandalkan sistem pengeremannya. Sehingga Anda harus memastikan sistem pengereman dapat bekerja dengan sempurna. Kampas rem yang mulai tipis dapat diganti di tengah perjalanan mudik

Sumber:beritagar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News