Mudik Lebaran 2016, ASDP Merak Siapkan 58 Kapal Roro



WARTAKEPRI.co.id , MERAK – PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) cabang Merak menyiapkan sebanyak 58 kapal “roll on roll of” (roro) untuk melayani arus mudik Lebaran 2016.

“Kami berharap arus mudik Lebaran berjalan lancar dan tidak terjadi penumpukan penumpang maupun kepadatan kendaraan,” kata Kepala Bagian Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario S Oetomo di Merak, Senin.

Dari 62 kapal yang melayani penyeberangan lintasan Merak-Bakauheni, Lampung, hanya 58 kapal yang siap dioperasikan. Sedangkan, empat lainnya masih berstatus docking.

Honda Capella

Selain itu ASDP juga menyiagakan kapal berukuran besar untuk mengantisipasi kemungkinan cuaca ekstrem.

“Kami optimistis semua penumpang pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan bisa diseberangkan dengan selamat sampai tujuan,” katanya.

Menurut dia, pihaknya juga menyiapkan sebanyak 57 loket. Sebanyak 23 loket diperuntukkan bagi penumpang yang terdiri dari 10 loket reguler dan 12 tambahan di Terminal Terpadu Merak (TTM) serta satu di Stasiun Merak.

Kemudian, 16 loket untuk roda dua, 12 loket untuk kendaraan roda empat, dan sisanya di area peristirahatan di pelabuhan.

“Kami minta pemudik Lebaran saat membeli tiket di loket mengantre dan tertib,” katanya.

Ia memperkirakan puncak arus mudik Lebaran terjadi pada H-3 dengan penumpang di atas 90 ribu, sepeda motor 20 ribu, dan kendaraan roda empat 13 ribu.

Pemudik yang menggunakan jasa penyeberangan Pelabuhan Merak diperkirakan naik sekitar enam persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Kenaikan penumpang tersebut sudah diantisipasi dengan perbaikan infrastruktur sarana prasarana pelabuhan.

Begitu juga fasilitas untuk penumpang pejalan kaki dan kendaraan sehingga tidak terjadi kemacetan maupun penumpukan penumpang.

“Kami komitmen mengutamakan pelayanan kepada masyarakat yang hendak mudik Lebaran dengan lancar serta selamat sampai tujuan,” katanya

sumber:antaranews

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News