Lebaran ke 3, Pelabuhan Telaga Punggur Batam Terlihat Stabil

113

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Memasuki H + 3 lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah, suasana arus balik mudik 2016 di Pelabuhan Telaga Punggur Kota Batam terlihat stabil.

Meskipun terjadi peningkatan jumlah penumpang dibanding hari sebelumnya pasca lebaran, namun tidaklah begitu signifikan. Dimana pada hari sebelumnya, terdata sebanyak 7 ribu orang penumpang yang datang dan pergi melalui Telaga Punggur.

“Untuk penumpang yang berangkat, jumlahnya mencapai 7.147 orang, dan penumpang yang datang sebanyak 7.247 orang. Angka itu tidak jauh berbeda antara yang datang dan berangkat,” ujar Syahbandar Pelabuhan Telaga Punggur, Erwin Sjafrizal, Sabtu (9/7/2016).

Menurutnya, kondisi demikian terjadi dikarenakan memamg masih banyak masyarakat yang mudik meski sesudah suasana lebaran. Jumlah tersebut banyak di dominasi oleh para penumpang domestik tujuan Batam.

Dijelaskan Erwin, mereka yang datang umumnya memiliki sanak saudara seperti penduduk pribumi asli yang telah menetap diwilayah kepulauan. Baik itu di Tanjung Uban, Tanjung Pinang, dan Tanjung Balai Karimun. Semua itu sesuai dengan agenda tujuan pemberangkatan kapal dari Pelabuhan Telaga Punggur.

“Secara keseluruhan dari jumlah total penumpang itu, ada sebanyak 96 kapal yang berangkat dan pergi dalam waktu 1 hari,” ujarnya lagi.

Sedangkan untuk hari sekarang, Sabtu (9/7/2016), kata Erwin, peningkatan jumlah penumpang arus balik akan terjadi secara berkelanjutan. Sementara untuk jumlah penumpang yang keluar, akan cenderung lebih sedikit jika dibanding dengan penumpang yang balik.

Disamping hal itu, aktivitas padatnya kunjungan di Pelabuhan Telaga Punggur juga banyak dimanfaatkan warga untuk menikmati suasana berliburnya. Yakni warga Batam yang liburan dengan tujuan keberangkatan ke pantai Trikora dan Lagoi di Tanjung Pinang, pungkasnya.(ichsan)

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PKPONLINE PKP DREAMLAND