Jaksa Tuntut Kuli Bangunan dan Kasir Gelper 10 Bulan Penjara, Pemilik Bebas – WartaKepri
57 views

Jaksa Tuntut Kuli Bangunan dan Kasir Gelper 10 Bulan Penjara, Pemilik Bebas

Warta Sidang Gelper di Batam

PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Hukum tumpul keatas tajam ke bawah, itulah yang terjadi pada dua terdakwa yakni Siswato bin Darmis, masyarakat biasa yang hanya iseng bermain dan Nurhayati sebagai kasir yang notabene hanya menerima gaji bulanan dari pemilik usaha gelper.

Terdakwa Suswanto (30) yang hanya seorang buruh bangunan yang iseng ikut bermain gelper dijadikan tumpal oleh aparat penegak hukum, sementara pengusaha yang hampir setiap hari berkeliaran membuka perjudian gelper dari mall ke mall tanpa tersentuh hukum.

Nasib yang sama juga dirasakan oleh Nurhayati (40), korban dari pengusaha perjudian gelper yang tidak bertanggungjawab. Gaji yang tidak seberapa tapi kerena kebutuhan hidup untuk anak dan suami, namun nyatanya pemilik gelper tidak perduli akan nasibnya dalam penjara.

Kedua terdakwa ditangkap ditangkap penyidik kepolisian Kepri ditempat permainan judi gelper di Griya Pratama Batuaji milik Manik. Menurut Nurhayati yang baru dua hari bekerja dengan gaji Rp.100 ribu per hari mengatakan bahwa terdakwa Siswanto baru satu kali datang ke lokasi gelper dan menukar uang Rp 50 ribu .

Kedua terdakwa merupakan orang miskin, lewat Lembaga Bantuan Hukum ( LBH) Mawar Saron Batam, milik Hotma Sitompul SH memberikan bantuan hukum agar majelis hakim yang menyidangkan perkara ini memberikan keringanan hukuman pada terdakwa.

Hal ini disampaikan penasehat hukum terdakwa; Nico Poltak Sihombing SH, John Ferry Situmeang SH dan Firman Napitupuluh SH. Melalui nota pembelaan ( Pledooi) yang dibacakan oleh John Ferry Situmeang meminta Majelis Hakim untuk memberikan perhatin dan mempertimpangkan yang layak buat terdakwa Siswanto.

Dalam nota pembelaannya antara lain bahwa perbuatan yang dilakukan terdakwa bukan mata pencahariannya, menyesali perbuatanya dan sudah berjanji tidak akan menggulangi lagi, terdakwa bersifat koperatif, sopan dan tidak menyulitkan selama proses hukum dan terdakwa belum pernah dihukum serta terdakwa ingin kembali ke masyarakat untuk menjalani hidup yang lebih baik lagi.

Atas perbuatan kedua terdakwa, Jaksa Penuntut Umum ( JPU) Isnan SH menuntut terdakwa 10 bulan penjara, karena melanggar pasal 303. Sidang akan digelar minggu ini untuk mendengarkan putusan majelis hakim. (nikson simanjutak)

Komentar Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA