Pemko Batam Tuntut Warga Buang Sampah Sembarang Denda Rp 2,5 Juta

9
Warta Terdakwa Pembuang Sampah di Batam

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Terdakwa didakwa melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Batam Nomor 11 Tahun 2013 yang berisi tentang larangan membuang sampah sembarangan, dan diadili di Pengadilan Negeri Batam, Jumat (27/8/2016).

Terdakwa dinyatakan bersalah oleh kuasa penuntut dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam. Namun Hakim Taufik Nainggolan tidak serta merta tuntutan yang didakwakan pada terdakwa.

Hakim Taufik menimbang setelah menerima keterangan saksi, perbuatan terdakwa sudah melakukan tindak pidana dalam Perda Nomor 11 tahun 2013.

“Dinas Kebersihan dan Pertamanan perlu juga koreksi sistem kerjanya, karena sampah menurut terdakwa diangkut 1 kali seminggu sehingga menumpuk dan membuang sembarangan,” ujar Taufik.

Denda yang dilakukan oleh kuasa penuntut sebesar Rp 2.5 juta belum selayaknya dibebankan pada terdakwa. Dengan pertimbangan maka diputuskan terdakwa membayarkan ke kas negara sebesar Rp 500 ribu.

Atas perbuatan terdakwa melanggar pasal 64 ayat 1, huruf a, Peraturan Daerah Nomor 11 tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah. Karena membuang sampah sembarangan Efendi didenda Rp 500 ribu. Kata hakim Taufik SH. (nikson simanjuntak)

Komentar Anda

FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI BBK MURAH