Difasilitasi Pemko Batam, Warga Bengkong Swadaya Ucapkan Syukur

243
wakil-walikota-dan-kapolresta-barelang

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Aksi penolakan warga rumah liar (Ruli) Bengkong Harapan Swadaya membuat Wakil Walikota Batam Amsakar Ahmad turun langsung ke lokasi, Selasa (8/11/2016) siang sekitar pukul 12.05 WIB. Amsakar datang sendiri ini langsung bertemu Suzairi Ketua Tim Terpadu Pemko Batam, Kapolresta Barelang Kombes Pol Helmi Santi ka, Pihak Pengadilan Kota Batam dan Ketua DPRD Kota Batam.

Setelah sempat melakukan diskusi bersama, Wakil Walikota mengajak seluruh pejabat dan wartawan makan siang bersama. Dalam diskusi itu, tiba-tiba terdengar suara suara letupan gas air mata, dan langsung mendapat laporan ada beberapa rumah di Perumahan Glory terbakar.

” Baru nak makan siang, dah terbakar rumah,” ujar Amsakar Ahmad yang langsung berdiri dan mendekati warga yang emosi.

Melihat kondisi yang semakin panas, Amsakar Ahmad akhirnya mengajak kembali Kapolresta Barelang, Pengadilan Batam, dan Pimpinan DPRD Batam untuk menyelesaikan masalah agar tidak semakin memanas. Hadir juga sejumlah perwakilan masyarakat agar mengetahui hasil dialog.

” Disepakati, proses eksekusi rumah di Bengkong Harapan Swadaya dihentikan. Karena ada segelintir penyusup menggunakan bom molotov. Maka pasukan mundur,” ujar Kapolresta Berelang, Helmi Santika.

Selanjutnya, pemerintah Kota Batam siap memfasilitasi dan bekerjasama dalam menyelesaikan masalah ini.

” Kita akan atur pertemuan antara warga dan pihak pengusaha,” kata Amsakar disambut tepuk tangan warga dan shalawat syukur warga yang hadir.

Sementara itu, seorang warga yang sudah lanjut usia menuturkan kalau dirinya telah tinggal di lokasi tersebut semenjak tahun 1992. ” Kami telah mengadukan ke Pemko, Dewan dan kepolisian terkait masalah ini, namun tak kunjung direspon. Bersyukurlah pak Wakil Walikota datang dan siap membantu warga,” ujar pria yang mata merah akibat gas air mata. (andi pratama)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel