Terjunkan 1.000 Petugas, Walikota Ingin Batam Bersih dari Tumpukan Sampah

12
Tumpukan Sampah di Batuaji-1

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Walikota Batam, Muhammad Rudi menargetkan Kota Batam bersih dari tumpukan sampah. Target itu harus terwujud dengan menerjunkan dan menugaskan 1.000 petugas kebersihan. Tugas kebersihan ini ia serahkan kepada kecamatan dan Dinas Lingkungan Hidup yang kini membawahi bidang pengelolaan persampahan.

” Kemarin minta 1000 orang (petugas kebersihan), kita berikan. Jadi harus bersih, zero zero,” kata Rudi di Kantor Walikota Batam, beberapa waktu lalu.

Petugas kebersihan yang direkrut meliputi tenaga sopir dan kernet. Tiap armada kebersihan digawangi satu sopir dan 1-3 kernet. Kecuali untuk armada becak motor yang hanya membutuhkan sopir tanpa kernet.

Seribu personel tersebut dibagi penugasannya di kecamatan dan Dinas Lingkungan Hidup sebagai pengelola pengangkutan sampah di Batam. Hal ini untuk menunjang pelaksanaan pengangkutan sampah yang sepenuhnya dilakukan oleh Pemerintah Kota Batam mulai tahun 2017 ini.

” Pada tahun ini seluruh kecamatan akan diswakelolakan. Tidak ada lagi yang diserahkan pada pihak ketiga. Jadi selain menambah personel kita juga menambah armada,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Kota Batam, Ardiwinata.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Penambahan armada kebersihan di tahun anggaran 2016 antara lain 72 unit bin container, 23 unit pick up, dan dua unit dump truck. Bin container saat ini sudah didistribusikan ke sembilan kecamatan pulau utama (mainland). Sedangkan dua unit dump truck dimanfaatkan untuk landfill di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Telagapunggur.

” Pick up 23 unit diperuntukkan bagi tiga kecamatan. Kecamatan Lubukbaja lima unit, Batuampar enam unit, dan Bengkong 12 unit,” papar Ardi.

Meski pengangkutan sampah sudah diserahkan tanggungjawabnya kepada pihak kecamatan, bukan berarti Dinas Lingkungan Hidup tidak memiliki tugas dalam pengangkutan sampah lagi. Melalui Bidang Pengelolaan Sampah, tugas tetap dilakukan dengan armada yang tersedia. (mcb/dedy)

Komentar Anda

Polling Bakal Pasangan Calon Gubernur Kepri Periode Agustus 2020

FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI BBK MURAH