Aplikasi Gencil, Karya Anak Bangsa Ini Buat Jokowi Kagum – WartaKepri
85 views

Aplikasi Gencil, Karya Anak Bangsa Ini Buat Jokowi Kagum

PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id, NASIONAL – Kreatifitas anak bangsa sangat perlu diperhatikan oleh pemerintah. Karya  generasi muda Pontianak, Kalimantan Barat, berbasis android menyediakan kebutuhan sehari-hari anda, meliputi destinasi kuliner, berita terbaru setiap hari, destinasi tempat wisata, event, hingga info pangan.

“Beliau senang setelah melihat aplikasi Gencil, nanti akan ditindaklanjuti. Modelnya bagus termasuk gambar-gambarnya. Mudah-mudahan ini bisa jadi model percontohan, tetapi harus diperbaiki terus,” ungkap Sutarmidji di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (17/3/2017).

“Bahkan dalam aplikasi yang bisa diunduh pengguna smartphone ini, dilengkapi notifikasi untuk memberitahukan harga kebutuhan pokok naik atau turun. Kalau harga naik, notifikasi berwarna merah,” jelas Wali Kota dua periode tersebut.

Memang sebelumnya Presiden dalam sidang kabinet beberapa hari yang lalu memberi arahan agar pemantauan harga bahan pokok dilakukan melalui media online atau aplikasi.

Melalui aplikasi ini pun, Walikota Pontianak bekerja sama dengan pihak terkait yakni kepolisian, kodim, dan Bank Indonesia untuk mengidentifikasi ketersedian bahan kebutuhan pokok.

“Misalnya, bahan kebutuhan pokok tersedia, stok tersedia tetapi harga justru naik. Ini masalahnya apa, analisa kita mungkin ada distributor atau agen yang sengaja menumpuk barang di gudang,” katanya.

Sementara itu, Direktur Pontianak Digital Stream (PDS) Hermawan, menjelaskan tersedia enam fitur dalam Gencil yaitu kuliner, tempat, event, berita, info pangan, dan laporan. Untuk yang terakhir, merupakan bagian dari e-laporan warga atau e-lawar.

Melalui fitur itu, warga bisa melaporkan langsung ke Pemkot tentang keluhan yang dihadapi. “Bukan cuma melapor, warga juga bisa melihat langsung lini masa laporan-laporan yang masuk,” katanya.

Mekanisme pelaporannya, masyarakat tinggal memfoto kendala yang dihadapi misalnya jalan berlubang, lalu foto jalan tersebut dan unggah lewat fitur laporan. Nantinya akan muncul kategori, jika kerusakan jalan, pilih infrastruktur kota.

Kemudian, laporan itu akan masuk ke Pontive Centre dan diteruskan ke dinas terkait oleh admin. “Nanti laporannya apa saja, dan akan diteruskan ke divisi mana, lalu ada subdivisinya, kemudian dilakukan pengecekan di lapangan. Jika diterima laporan akan diproses, namun jika tidak sesuai dengan laporan, ditolak,” katanya.

Sumber:uzone

 

Komentar Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA