Istri Walikota Sampaikan UMKM Batam Kalah, Walikota Panggil Kepala Dinas

385

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Ada lima hal yang menjadi permasalahan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Batam. Kelimanya yaitu packaging atau pengemasan, pelatihan, pemasaran, pendanaan, dan tempat pameran.

” Kalau soal produk kita gak kalah sama daerah lain. Banyak produk unggulan yang bisa diangkat ke pasar. 12 kecamatan semua punya unggulan,” kata Ketua Tim Penggerak PKK kota Batam, Marlin Agustina Rudi saat pembukaan bazar STQ VI Kota Batam di Dataran Engku Putri Batam Centre, Jumat (7/4/2017) sore.

Produk unggulan dari warga Batam ini beragam. Mulai dari kuliner sampai batik motif khas Batam. Tapi sebagian besar belum dikemas dengan baik. Sehingga dalam pemasarannya belum maksimal.

” Padahal packaging ini penting. Orang membeli barang itu kan pertama dilihat dulu, kalau menarik mata baru dicicip rasanya,” kata dia.

Oleh karena itu, Marlin berharap Pemerintah Kota Batam beri bantuan untuk pengembangan UMKM. Baik dalam hal pengemasan, pemasaran dan tempat promosi produk, maupun pelatihan bagi wirausahawan.

Menjawab hal ini, Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan bahwa akan segera bahas dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Batam.

” Karena permintaannya itu-itu saja maka kita dudukkanlah nanti dengan dinas koperasi,” kata Rudi.

Di lain kesempatan, Asisten Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM, Talkah Badrus mengatakan jika pengembangan Kota Batam diarahkan pada industri pariwisata, maka usaha terkait kuliner cukup menjanjikan.

” Terkait kuliner masih memungkinkan. Souvenir juga. Terutama mengangkat ciri khas lokal,” ujarnya.(mcb/dedy)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel