Pemko Batam Sangat Respon, Terhadap “Naomi ” Anak Kelainan Jantung

Wartakepri.co.id, Batam – Pemerintah Kota Batam sangat respon atas kondisi penyakit bernama Naomi Kanza Yulia Rizal, usia 1 tahun dengan berat badan 3 kg”, warga ruli Permai Batuaji.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, dokter Didi Kusmayadi S.PoG menjelaskan tentang penyakit yang diderita oleh Naomi saat ini. Setelah dilakukan observasi di RSOB Batam oleh dokter Afdhalun Hakim, Sp.JP, sepesialis penyakit jantung.

Kesehatan anak tersebut sudah komplek dan jantung bocor. Penyakit itu sudah dibawa sejak usia sebulan. Sehingga kondisi inilah yang membuat pertumbuhan dan berat badan anak itu lambat. Sebelum penanganan pada tahap operasi nanti, kondisi kesehatanya harus diperbaiki hingga dapat menaikkan berat badanya. Kata dokter Didi, Jumat (28/4/2017) sore di Batam Center.

PKP EXPO

Disamping observasi dokter jantung, dokter Medi S.PA, sudah melakukan pemeriksaan
dan anak itu diizinkan pulang dari RS Otorita Batam setelah sempat opname beberapa hari lalu sambil berobat jalan. Dengan memberikan nutrisi agar berat anak itu naik, dimana selama ini nutrisi tidak sampe pada bagian tubuhnya.

Melihat dari kondisi anak tersebut secara umum tidak masalah, katanya. Namun harus secepatnya ditangani dan memberikan rujukan ke Jakarta untuk pemeriksaan lanjutan hingga operasi di RS Harapan Kita. Ungkap Didi

Kemudian, dokter Afdhalun Hakim Sp.JP, juga menerangkan kondisi penyakit Naomi. Menurutnya, anak ini mengalami sakit jantung bawaan dan infeksi saluran pernapasan. Penyakit anak seperti ini, hampir semuanya di meja operasi.
‘Naomi memiliki katup hanya satu, pembulu darah besar nyatu dan sekat biliknya bocor. Kalau pun harus dioperasi harus bertahap,” ungkapnya.

Selanjutnya, tipe penyakit jantung anak itu adalah biru, dan sudah komplek. Untuk melakukan operasi nantinya, harus memiliki berat badan minimal 10 kg. Jadi tindakan sementara mengobati dulu, menaikkan berat badanya. Karena tahapan pertama operasi yaitu mengurangi birunya dulu. Setelah birunya berkurang maka tahap operasi lanjutan. Tuturnya

Terkait, soal biaya operasi anak itu nanti, pihak BPJS akan menanggung karena orang tua dan anak tersebut ikut menjadi peserta BPJS. Kemudian, untuk tiket pesawat pulang pergi mereka, akan diakomodir Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Kesehatan Batam. Tegas Didi Kusmayadi

Berita sebelumnya, Naomi Kanza Yulia Rizal penderita kelainan jantung harus menahan rasa sakit di saat usianya baru menginjak umur satu tahun. Dengan berat badan hanya 3 kg, sehingga pertumbuhannya tidak seperti layaknya anak normal.

Ola Yulia, ibu Noami tidak bisa berbuat banyak karena hanya seorang buruh serabutan. “Saya sedih melihat Naomi, disaat anak lain sudah mencapai berat 10-15 Kg, tapi anak saya hanya memiliki berat 3 kg saja,” sedih Ola

(Nikson Simanjuntak )

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24