Sosialisasi Permendagri Rupa Bumi Untuk Camat dan Lurah se Natuna

3222

FANINDO

WARTAKEPRI.co.id,NATUNA – Bupati Natuna, yang diwakili Asisten Pemerintahan H. Tasrif , S.Sos,M.Si memimpin Rapat Sosialisasi Rupa Bumi di ruang rapat Kantor Bupati Natuna, Jl. Bukit Arai – Ranai, Rabu (3/5/2017) pagi.

Beliau menyampaikan kegiatan ini merupakan penerapan dari Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 39 tahun 2008, tentang pembukuan nama dari rupa bumi. Di mana pengertian rupa bumi adalah bagian permukaan bumi yang dikenal identitas nya baik unsur alam maupun unsur buatan manusia.

Unsur alam merupakan unsur yang terbentuk secara alami antara lain pulau, kepulauan, gunung, pegunungan, bukit, dataran tinggi, gua, lembah, tanjung, semenanjung, samudra laut, selat, danau, sungai dan muara.

Sedangkan unsur buatan merupakan unsur yang terbentuk oleh manusia antara lain bandara, bendungan, waduk, jembatan, tugu dan kawasan lainnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Pelaksana, Syawal, SE melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh Camat, Lurah dan Kepala Desa dengan tujuan mewujudkan pemerintahan daerah yang otonom, maka perlu diadakan inventarisasi dan pembakuan nama rupa bumi, guna mewujudkan tertib administrasi di bidang pembakuan nama rupa bumi untuk perencaan pembangunan ke depan.

Menurutnya bahwa pembakuan nama rupabumi atau tempat sangat penting manfaatnya. Hal ini termasuk langkah strategis, dalam menentukan suatu titik akses langsung dan intuitif terhadap sebuah sumber informasi.

Pencatatan dan pendataan nama rupabumi di Kabupaten Natuna akan dilaksanakan oleh panitia pembakuan nama rupabumi, yang melibatkan seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa.

“Rupabumi mempunyai makna, sejarah serta berhubungan dengan kearifan lokal budaya masyarakat,” tutur Syawal.(*)

Penulis : Riky Rinovsky
Editor : Dedy SWD

Honda Capella