Sebanyak 60 Kapal Mulai Disalurkan KKP Kepada Nelayan Natuna

WartaKepri, Dirjen Perikanan Tangkap KKP, Syarif Wijaya
WartaKepri, Dirjen Perikanan Tangkap KKP, Syarif Wijaya

WARTA KEPRI .co.id, NATUNA – Sebanyak 60 unit kapal tangkap nelayan bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), sebagian kapal tersebut sudah disalurkan kepada kelompok-kelompok nelayan di Kabupaten Natuna.

Dirjen Perikanan Tangkap KKP, Syarif Wijaya, saat dijumpai di sela-sela kunjungan kerjanya di Ranai, mengatakan, bantuan kapal tangkap berbahan viber dengan ukuran 5 GT, 10 dan 20 Gross Ton (GT) dari KKP disalurkan melalui Koperasi Nelayan untuk dimanfaatkan oleh Kelompok-kelompok Nelayan disetiap Kecamatan di Kabupaten Natuna.

“Kapal-kapal bantuan tersebut kita salurkan melalui Koperasi Nelayan selaku koordinator lapangan pengelola Kapal bantuan, selanjutnya baru diserahkan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) penerima,” jelasnya, Selasa (30/1/2018).

Diungkapkannya, saat ini sebanyak 43 Kapal Tangkap beserta alat tangkap jenis bubu lipat dari kementrian KP sudah disalurkan kepada para Kelompok nelayan penerima untuk di lakukan uji Coba melaut.

“Sebanyak 17 Kapal Tangkap saat ini masih dalam proses pengiriman, dalam waktu dekat akan tiba di Natuna dan bisa langsung diserahkan kepada KUB-KUB penerima untuk dilakukan uji coba melaut,” terang.

Dibeberkannya, penyaluran kapal dari KKP ini ditujukan untuk dapat memperdayakan masyarakat nelayan di Natuna, sehingga nelayan memiliki kapasitas untuk mengkelola hasil alam yang khusunya disektor perikanan tangkap.

“Kedepan pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan berwacana akan menambah jumlah kapal bantuan dari 60 unit sebelumnya menjadi 100 unit Kapal,” sebutnya.

Sumber : rri.co.id
Foto       : Istimewa/net

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG