Satgas TMMD Sowan Tomas Mohon Diri “Alur Kerajaan Pajajaran”

360

WARTAKEPRI.CO.ID, BANJARNEGARA – Inilah yang dilakukan Koptu Yanto, Satgas TMMD Reguler 102 Banjarnegara bersama Babinsa setempat, Serda Suwondo. Mereka sowan kepada Tokoh Masyarakat (Tomas) Dusun Karanggondang Desa Pasegeran, Miswari warga Rt. 2 Rw. 5. Senin (6/8/18).

Kedatangan mendapatkan sambutan hangat dari Mbah Miswari, karena sebagai generasi muda masih mau menghargai sesepuh.

“Sebelum Bapak, pulang saya akan bercerita sedikit mengenai Desa Pasegeran yang merupakan alur dari Kerajaan Pajajaran, agar Bapak ingat saya besok,” ungkapnya memulai cerita.

Diterangkannya singkat, Pajajaran adalah ibu kota Kerajaan Sunda Galuh yang pernah berdiri tahun 1030-1579 M di abad ke-15 dan 16 di Tatar Pasundan yang lokasinya berada di wilayah Bogor, Jawa Barat sekarang. Jejak sejarah peninggalan kerajaan tersebut berada di bekas perbatasan kerajaan Pajajaran-Majapahit yang terletak di Desa Longkeyang, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang. Berjarak 51,8 Km, 2 jam dari Dusun Kroya Desa Pasegeran. Warga Desa Longkeyang hingga saat ini masih mempercayai adanya mitos “Wong Pajajaran” yaitu sejenis makhluk gaib jelmaan dari prajurit Prabu Siliwangi dan Pajajaran yang tertinggal dan menetap di hutan desa.

PKP HIMALAYA

Beberapa kali masyarakat mengaku menjumpai makhluk ini dengan wujud macan, manusia kerajaan, dan prajurit. Selain kebudayaan dari Padjajaran, warga Longkeyang juga sangat kental dengan kebudayaan Kerajaan Majapahit yang dibuktikan dengan bahasa masyarakat asli Jawa ngapak dan mempunyai adat kejawen serta bentuk rumah adalah joglo yang asli dari kebudayaan Majapahit.

Selain hal diatas makam warga mirip dengan Punden Berundak, masyarakat Longkeyang percaya bahwa orang yang sudah meninggal harus diletakkan di atas desa sebagai bentuk penghormatan, sehingga sampai sekarang masih mempercayai tempat pemakaman berada di daerah perbukitan (di atas pemukiman).

“Itulah mengapa warga Pasegeran sebagian ada yang ngapak Pak, sekali lagi saya mewakili seluruh warga masyarakat mengucapkan terima kasih atas segenap pembangunan yang telah diberikan.” pungkasnya mengakhiri silaturahmi. (*)

Sumber : Pendim0704bna

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel