Delegasi ANRI Indonesia ke Finlandia Bahas Pengelolaan Arsip Elektronik Dan Digitalisasi

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id , FINLANDIA– Delegasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan kunjungan kerja ke Finlandia dalam rangka benchmarking pengelolaan arsip elektronik dan digitalisasi delegasi ANRI mereka langsung disambut baik Director Service for Public Administration.

Disana, Arsip Nasional Finlandia, Mr. Veli-Matti Pussinen memberi penjelasan langsung terkait Strategi Arsip Nasional Finlandia pada 2020,selasa (16/10/2018) waktu setempat.

Senior Research Officer, Mr. Vesa-Matti Ovaska juga mengulas terkait Pengelolaan Arsip Elektronik di Finlandia serta dasar hukum dan ketentuan nasionalnya.

Kemudian penjelasan lebih spesifik tentang Preservasi Digital Terpercaya di Lembaga Kearsipan dan rencana digitalisasi massal disampaikan oleh Development Manager, Mr. Markus Merenmis.

Di samping berdiskusi mengenai penglolaan arsip elektronik dan digitalisasi, delegasi ANRI juga diajak melihat secara langsung proses digitalisasi di Arsip Nasional Finlandia.

Pada kesempatan tersebut delegasi ANRI mendapatkan penjelasan tentang digitalisasi yang sedang dilakukan oleh Finlandia saat ini dari Director Collection Management, Mr. Istvan Kecskemeti.

Saat ini, Arsip Nasional Finlandia berada pada urutan ketiga, sebagai negara di dunia yang terbanyak dalam melakukan digitalisasi arsip per tahun. Urutan teratas dipegang oleh Amerika Serikat dan Swedia.

Delegasi ANRI pada kunjungan tersebut dipimpin oleh Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan (IPSK), Imam Gunarto dan beranggotakan Deputi Bidang Konservasi Arsip, M. Taufik, dan Kepala Pusat Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional, Desi Pratiwi.
(*)

Editor : Riky Rinovsky

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG