KRPL Desa Batubi Jaya Wakil Natuna Kancah Lomba Tingkat Provinsi

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.CO.ID, NATUNA – Ketersediaan pangan dalam jumlah yang cukup disepanjang waktu merupakan keniscayaan yang tidak terbantahkan.

Hal ini yang menjadikan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) sebagai program unggulan dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Natuna.

Bertempat di KRPL Dasawisma Sinar Anggrek Jaya, Desa Batubi Jaya Kecamatan Bunguran Batubi (Rabu,13/2/2019) Ibu Ketua Tim Penggerak PKK, Hj. Nurhayati, beserta Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sri Hariningsih, SE, MSi. memantau dan berkunjung untuk melihat langsung kelokasi KRPL yang merupakan binaan dari TP PKK Kecamatan Bunguran Batubi.

Kegiatan kunjungan kelokasi KRPL juga Nampak dihadiri Camat Bunguran Batubi Nur Parta beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Cici Fitrilaini beserta anggota, Kepala Desa beserta perangkat desa dan staff kecamatan.

Dalam sambutannya, Camat Bunguran Batubi mengucapkan terima kasih atas kedatangan Ketua TP PKK Kabupaten Natuna dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan beserta rombongan,

” Kunjungan kali ini merupakan kunjungan istimewa, karena telah menunjuk KRPL Dasawisma Sinar Anggrek Jaya, Desa Batubi Jaya, sebagai KRPL terbaik dari segi administrasinya maupun kebunnya di tingkat Kabupaten Natuna, namun ini bukan hasil akhir untuk KRPL Dasawisma Sinar Anggrek Jaya, Desa Batubi Jaya,”kata Nurparta.

Atas Pertasi yang di raih itu Camat Bunguran Batubi Berpesaan jangan berbangga hati dan lupa diri, “Namun justru harus memacu kita untuk lebih aktif dan berimprovisasi dalam pengembangan KRPL Kedepannya,”kata Nurparta.

Ketua PKK beserta dinas ketahanan Pangan dalam Kunjungan kali ini bukan hanya sekedar melihat dan memanen hasil kebun KRPL saja namun lebih dari itu,

“Kami datang dalam rangka memberi penghargaan kepada KRPL Dasawisma Sinar Anggrek Jaya, Desa Batubi Jaya atas partisipasi aktifnya dalam pelaksanaan kagiatan di kebun KRPL ini, setelah ada penilaian lapangan dari tim di dinas Ketahanan Pangan baik secara administari pembukuan, tinjauan lapangan dan juga secara komunikasi via telpon, maka layak KRPL Dasawisma Sinar Anggrek Jaya, Desa Batubi Jaya layak kami jadikan perwakilan kabupaten Natuna untuk bersaing ditingkat Provinsi Kepri,”kata Sri Hariningsih.

Sambung Sri Hariningsih, “Kita berharap mudah-mudahan bisa lolos dan masuk dalam ajang Nasional di Jawa Barat,” ujar kadis Ketahanan Pangan dalam sambutannya.

Dikesempatan yang sama juga Hj. Nurhayati menyampaikan agar anggota KRPL lebih kreatif lagi dalam memanfaatkan barang bekas yang digunakan sebagai media tanam bibit yang dipakai agar lebih terlihat estetika dan seninya.

“Pengaturan jenis pohon yang ditanam juga harus beraturan dari jenisnya agar mata lebih nyaman memandang dan juga halaman sekeliling kebun juga ada baiknya untuk dipagar agar lebih aman dari binatang pengganggu, bagus juga di ┬ápagar hidup dengan pohon Rosella yang cukup banyan disekeliling kebun KRPL ini,”ujarnya.

Camat Bunguran Batubi Dialog Bersama Tim Pengerak PKK Kecamatan

Kegiatan pun dilanjut dengan memanen bersama isi kebun yang tampak ditanami dengan jagung, kangkung, timun, terong, kucai dan jenis tanaman lain.

Pada kesempatan yang sama diberikan pula piagam penghargaan dari dinas ketahanan pangan untuk KRPL Dasawisma Sinar Anggrek Jaya, Desa Batubi Jaya untuk memacu semangat para anggota KRPL Dasawisma Sinar Anggrek Jaya, Desa Batubi Jaya.(Hms,Rky)

FANINDO

Honda Capella