Gerhana Matahari Total Akan Terjadi Pada Hari ini, Apakah Terlihat di Indonesia?





WARTAKEPRI.CO.ID, Gerhana Matahari total kabarnya akan terjadi pada hari ini, Selasa, 2/7/2019. Namun, apakah terlihat dari Indonesia? Kepala Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan gerhana matahari total yang terjadi hari ini (2/7) tidak bisa diamati dari Indonesia.

Selain tidak bisa diamati, gerhana matahari total tidak memberikan efek signifikan bagi Indonesia selain peningkatan pasang air laut.

“Gerhana matahari bisa diamati di Pasifik dan Amerika Selatan, tidak teramati di Indonesia dan tidak ada efeknya kecuali efek peningkatan pasang air laut yang biasa terjadi setiap bulan baru,” terang Thomas melalui CNNIndonesia.com, pada Selasa (2/7).

Samudera Pasifik bagian selatan, Amerika Selatan, Chile, dan Argentina menjadi area yang bisa mengamati penampakan gerhana matahari total. Selain Amerika Selatan dan Chile, Space melaporkan negara-negara tetangga lainnya juga bisa melihat fenomena gerhana matahari sebagian.

Gerhana matahari total yang terjadi kali ini merupakan satu-satunya fenomena yang terjadi pada tahun 2019. Selama terjadi gerhana, bulan akan membayangi bayangan gelap saat menghalangi matahari.

“Gerhana matahari yang teramati di Indonesia 26 Desember 2019. Jalur gerhana matahari cincin melewati Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur,” ucapnya.

 

Dilansir melalui : CNNIndonesia.com



PKP DREAMLAND
FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
PEMKO BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA