Tumbuhkan Rasa Toleransi antar Agama, Puluhan SD Kartini Dua Berkunjung ke Masjid Sultan

Tumbuhkan Rasa Toleransi antar Agama, Puluhan SD Kartini Dua Berkunjung ke Masjid Sultan



PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Ada pemandangan menarik di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Kamis (10/10/2019) pagi. Sekitar 120 siswa sekolah dasar tampak berkunjung ke masjid yang baru saja diresmikan tiga minggu lalu tersebut.

Mereka adalah siswa-siswi kelas 1, 2, dan 3 SD Kartini 2 Batam. Menariknya, siswa yang berkunjung tak hanya anak-anak muslim. Tapi juga dari agama lain seperti Budha dan Kristen.

“Tujuannya adalah menumbuhkan kerukunan antar teman yang berbeda agama. Serta bagi siswa yang beragama islam, diharapkan dapat menumbuhkan karakter spiritual religinya. Supaya anak-anak ini bisa lebih taat kepada Allah,” tutur Kepala SD Kartini 2, Weti Suprapti.

Kunjungan ke masjid yang memiliki luas 52 ribu meter persegi ini menurut Weti merupakan bagian dari mata pelajaran di tema Pengenalan Lingkungan Sekitar. Anak-anak diajak berkunjung ke fasilitas yang disiapkan pemerintah untuk warganya tersebut.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan rasa cinta terhadap daerah. Yang perlu dibanggakan salah satunya adalah masjid yang baru dibangun ini. Saya ingin anak-anak ketika keluar nanti bisa membanggakan daerahnya. Di antaranya dengan fasilitas ibadah yang besar dan megah ini,” ujarnya.

Anak-anak tampak antusias saat berada di masjid yang berlokasi di Tanjunguncang Kecamatan Batuaji ini. Mereka mendengarkan penjelasan dari pengurus masjid dengan seksama. Pandangan mereka berkeliling dengan takjub. Kekaguman terlihat dari raut wajah bocah-bocah itu.

“Antusiasme tak hanya ditunjukkan para siswa, tapi juga orang tua. Sekolah sebenarnya tak mengharuskan orang tua ikut, karena pendampingan sudah cukup. Tapi ternyata orang tua sangat antusias, ingin melihat masjid baru ini juga. Jadi orang tua ikut dengan kendaraan masing-masing. Sementara siswa kita bawa dengan bus,” paparnya.

Bahkan, Selasa (15/10) pekan depan Weti berencana membawa rombongan anak-anak kelas 4, 5, dan 6. Ia berpikir edukasi seperti ini perlu dikembangkan. Oleh karena itu, ia juga mengajak kepala sekolah lain untuk membawa anak didiknya berkunjung ke Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah.

Ia juga mengapresiasi pengurus masjid yang sigap menerima kunjungan anak-anak ini. Pelayanan seperti ini harus dijaga dan dipertahankan karena masjid bernuansa putih itu sudah menjadi destinasi wisata religi di Kota Batam.

Ketua III Pengurus Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Ardiwinata mengatakan SD Kartini adalah sekolah pertama yang membawa rombongan siswanya pascaperesmian.

“Kami menyambut baik kunjungan ini. Bentuk edukasi yang sangat baik bagi anak-anak di Kota Batam. Kami juga mengajak sekolah-sekolah lain untuk datang membawa siswanya berkunjung ke Masjid Sultan. Pengurus siap menyambut dan menjelaskan berbagai informasi seputar masjid,” kata dia.(*)

Sumber : Ardiwinata
Editor : Dedy Suwadha



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA