BPJS Adakan Sosialisasi Ketenagakerjaan Pada Nelayan dan Buruh di Anambas



PKP DREAMLAND

Wartakepri.co.id, Anambas – Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan kepada para nelayan, buruh bongkar muat dan penjaga kampung di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) melalui Kantor Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Transmigrasi dan Tenaga Kerja KKA bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).Rabu, 16/10/2019.

Kegiatan sosialisasi ini dipimpin oleh Yunizar (Kepala Dinas PTSP dan Ketenagakerjaan KKA) dan dihadiri oleh Wan Zuhendra (Wakil Bupati KKA), Zulkarnaen (mewakili KadishubLh KKA), Akmaruzzaman (Kabag Humas KKA), Tunggul Sihotang (Petugas Pemeriksa Cabang), serta diikuti para nelayan, buruh bongkar muat dan penjaga kampung di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Yunizar Kepala Dinas Ketenagakerjaan KKA dalam sambutannya mengatakan, bahwa Pemerintah daerah hanya bisa memberi bantuan kepada masyarakat yang memiliki KTP Anambas, Untuk penjelasan lebih detail akan dijelaskan oleh perwakilan BPJS ketenagakerjaan Kabupaten Kepulauan Anambas, BPJS ketenagakerjaan ini sangat bermanfaat bagi diri kita karna dengan adanya BPJS ini apabila kita ada kecelakaan maka biaya seluruhnya akan ditanggung oleh BPJS.

“Pada tahun 2019 yang telah melakukan usulan segmen para pekerja penerima upah sebanyak 6.400 orang, namun baru 4.361 orang pekerja yang telah tervalidasi datanya, sisanya belum melengkapi administrasi. Rencana pemerintah daerah pada tahun 2020 semua akan ditanggung pemerintah”.ucapnya.

Tunggul Sihotang selaku perwakilan BPJS ketenagakerjaan Kabupaten Kepulauan Anambas, mengatakan bahwa saat ini indonesia ada 2 BPJS yaitu memberi jaminan sosial yaitu BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan.

“Masyarakat yang telah terdaftar maka anggota tersebut akan mendapatkan jaminan barupa, Jaminan kematian, apabila anggota yang terdaftar meninggal dunia maka Ahli waris akan mendapatkan santunan sebesar Rp.24.000.000, Jaminan kecelakaan kerja, apabila anggota BPJS mengalami kecelakaan maka biaya perobatan seluruhnya akan di biayain oleh BPJS”.

Tidak hanya itu saja kami pihak BPJS akan memberikan santunan sementara pengganti gaji kepada pekerja yang sedang sakit dan tidak dapat bekerja, diharapkan kedepannya anggota BPJS Ketenagakerjaan akan selalu mendapatkan perlindungan dari resiko resiko kerja sehari hari dan juga kegiatan ini di harapkan berlangsung seterusnya.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas telah memberikan data kepada kami untuk dibuatkan kartu BPJS, kartu tersebut di gunakan untuk perlindungan pekerja apabila terjadi kecelakaan kerja.

“Kami akan memberikan tunjangan hanya untuk tenaga kerjanya saja sehingga apabila suatu saat ada kecelakaan pada saat berangkat kerja maka kita akan memberikan santunan kepada orangnya saja” ucapnya.

Wan Zuhendra Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan bahwa, nanti kita akan mendapatkan kartu BPJS Ketenagakerjaan yang dapat digunakan apabila suatu saat kita mengalami kecelakaan kerja, kedepannya kita tiap tahun akan melakukab pembayaran kepada BPJS sebesar Rp. 16.800 / bulan, akan tetapi untuk tahun ini pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas akan membantu masyarakat dalam membayar tagihan BPJSnya.

BPJS akan memberikan santunan apabila terjadi sesuatu kepada anggota pada saat bekerja antara lain apabila ada kecelakaan ataupun meninggal dunia,kami pemerintah hanya bisa membantu masyarakat dalam menanggung beban dalam menghadapi resiko kerja.

“Kami berharap juga kepada BPJS agar apabila kedepannya ada pencairan dari masyarakat jangan di perlambat karena opini di masyarakat semua itu pekerjaan pemerintah”harapnya.

Sosialisasi program ketenagakerjaan merupakan kegiatan yang dimotori oleh BPJS Ketenagakerjaan yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas untuk menekan kesadaran masyarakat terkait fungsi BPJS Ketenagakerjaan serta dalam menghadapi resiko kerja sehari-hari di wilayah Kepulauan Anambas.(Rama).



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA