Diskominfo Natuna Adakan Sosialisasi Internet Sehat dan Aman Bagi Anak Sekolah



PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Natuna Provinsi Kepri melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna (Diskominfo) menyelenggarakan Sosialisasi Internet Sehat dan Aman Bagi Anak Sekolah.

Bertempat di Gedung Serba Guna Sri Serindit, Ranai, Selasa (15/10) pagi.

Bupati Natuna dalam sambutannya menjelaskan, perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang terjadi dewasa ini telah berdampak pada perubahan yang bersifat mendasar,

Perkembangan sangat pesat dunia digital bangsa ini menuju paradigma baru dalam memasuki era digitalisasi untuk diarahkan pada ketersediaan jaringan informasi dan data yang cepat, transparan, dan lebih mudah sebagai perwujudan harapan seluruh masyarakat.

“Kita patut bersyukur, Perkembangan ini terjadi diantaranya dengan kerjasama atas kehadiran Palapa Ring Barat, didukung pula dengan penambahan operator yang telah mampu melayani sebagian besar wilayah Kabupaten Natuna,” terang Bupati.

Kendati demikian Bupati meminta bagi generasi muda lebih bijak mengunakan internet, sebab pemahaman yang dikhawatirkan membentuk karakter diri menjadi cendrung bersikap tidak sesuai dengan norma dan nilai luhur indentitas diri masyarakat.

Namun sebagai masyarakat yang bijak, generasi muda yang ingin tumbuh menjadi sumberdaya manusia yang berkualitas dan berkarakter,

“Hendaknya kita harus mampu membentengi diri dari pengaruh perubahan itu,” sebut Hamid.

Menurut Hamid, kemajuan TIK yang terus mengalami kemajuan dapat memberikan pengaruh positif bagi pelaksanaan pembangunan daerah, kemaslahatan umat, peningkatan kesejahteraan dan pertumbuhan disegala bidang jika dimanfaatkan sebaik dan secerdas mungkin.

Hamid menambahkan bahwa salah satu pengaruh negative terutama bagi para pelajar adalah dikhawatirkan menjadi malas untuk berfikir karena setiap informasi begitu mudah didapat, dengan adanya fasilitas TIK ini.

Selain itu, Hamid juga berpesan agar terus memupuk semangat untuk giat belajar, ikut kegiatan-kegiatan yang positif dan menghindari berbagai bentuk pergaulan yang kurang sehat.

Ketua Pelaksana, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Natuna, Raja Darmika menyampaikan kegiatan ini diikuti oleh seluruh sekolah tingkatan SLTP dan SLTA se Pulau Bunguran dengan jumlah sekitar 380 siswa.

“Kita mengadirkan beberapa instansi, diantaranya Polres Natuna, Kwarcab Natuna, KPPAD dan Dinas Kominfo Kabupaten Natuna agar lebih secara rinci pengetahuan soal dampak positif dan negatif,” sebut Raja.

Raja Darmika juga menjelaskan bahwa saat ini Jaringan Internet sudah terjangkau hampir disebagian besar wilayah, bahkan sudah ada yang menggunakan TV Internet. Hal ini memungkinkan mengingat sudah terbangun jaringan fiber optic.

Selain itu, Diskominfo Kabupaten Natuna juga sudah memasang instalasi jaringan internet di berbagai kawasan seperti beberapa tempat umum dan sekolah, sehingga masyarakat luas juga dapat menikmati pelayanan informasi yang lebih baik dan leluasa.

Namun harapan Raja Darmika, pemanfaatan jaringan tersebut dapat dipergunakan secara bijak oleh seluruh pengguna.

Tanggapan dari pihak sekolah dan siswa sangat positif dan menyambut baik kegiatan ini.

Salah satu siswi bernama Rudi dari SMAN 1 Ranai mengatakan bahwa sosialisasi ini sangat bermanfaat dikarenakan dijaman sekarang ini semua orang khususnya remaja sudah sangat dekat dengan internet,

“Dengan adanya sosialisasi ini kami dapat informasi apa yang harus dilakukan agar bisa sehat dalam berinternet,” ujar Rudi.

Rudi juga memberikan saran agar kedepannya jika ada sosialisasi seperti ini pesertanya bisa lebih banyak, agar bisa lebih banyak lagi siswa yang mengetahui bagaimana cara berinternet dengan sehat. (rky)



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA