Rakyat dan Pemerintah Rayakan Malam Syukuran Ke 16 Tahun Lingga





WARTAKEPRI.CO.ID – Sempena hari jadi ke 16 Kabupaten Lingga, pemerintah Kabupaten Lingga gelar malam syukuran di Halaman Kantor Bupati Lingga. Rabu (20/11/2019). Dalam Semarak Lingga Terbilang 2020 ini, pemerintah Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri memberikan tema “promosi unggulan daerah dan peluang investasi”.

Said Baraqbah Ali selaku salah satu tokoh pembentuknya Kabupaten Lingga menyampaikan sekapur sirihnya. Dalam sambutannya itu, beliau menceritakan sejarah perjuangannya bersama rekan rekan yang ikut terlibat dalam pembentukan Kabupaten Lingga ini.

Dia menjelaskan, tidak sedikit lika-liku yang dihadapi untuk pembentukan Kabupaten Lingga ini. Bahkan sebutnya, mereka melewati 176 hari di Pekanbaru untuk mengurus syarat syarat pembentukan.

Sebelumnya, dikatakannya untuk membentuk Kabupaten Lingga mereka melakukan pramubes di Batam dan kemudian dilanjutkan dengan mubes di Dabo Singkep.

Di Jakarta sebutnya, perjuangan lebih sulit lagi untuk membentuk Kabupaten Lingga. Pada saat itu kecamatan yang ada dalam wilayah Lingga masih belum cukup untuk membentuk Lingga menjadi Kabupaten.

“Dengan adanya cerita ini, pesan saya jangan sekali melupakan sejarah” pesannya.

Pada kesempatan ini beliau juga memperkenalkan para tokoh pejuang pembentukan Kabupaten Lingga. Rangkaian dilanjutkan dengan penyerahan Berkat kepada para tokoh pejuang pembentukan Kabupaten Lingga oleh Wakil Bupati Lingga M. Nizar.

Sementara Wakil Bupati Lingga Dalam kesempatan ini M. Nizar mengajak semua masyarakat yang hadir untuk memberikan dan membaca umul kitab Al Fatihah yang ditujukan untuk para tokoh pejuang lainnya yang telah berpulang ke Rahmatullah.

”Untuk membentuk Lingga Terbilang 2020 kita banggakan ini masih membutuhkan kerja keras dan banyak capaian yang harus kita kerjakan bersama-sama” sebutnya.

Sebelum acara berakhir, dilaksanakan penyerahan penghargaan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Kepulauan Riau kepada Wakil Bupati Lingga.

Dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan KKS oleh Ny. Hj. Heryulita Alias Wello kepada Wakil Bupati Lingga serta penyerahan cenderamata oleh Sultan Husein Zuriat Kesultanan yang tinggal di Singapura kepada Wakil Bupati Lingga.

Diakhir kegiatan, acara ditutup dengan penampilan atraksi seni budaya musik Ghazal dari Dinas Kebudayaan oleh Sanggar Pelangi disaksikan Rakyat Lingga sangat antusias menghadiri acara.

Pada siang hari, para pemimpin negeri menziarahi pemakaman Merah Muhammad Yusuf Al Ahmadi, Dipertuan Muda Riau X (1858 – 1899). Bersama Bupati Lingga, H. Alias Wello dan Plt Gubernur Kepulauan Riau, H. Isdianto serta tamu undangan.

Dalam ziarah tersebut, plt Gubernur Kepri, H. Isdianto berkesempatan melakukan penyiraman air ke pemakaman Dipertuan Muda Riau X.(SMI)



PKP DREAMLAND

DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
PEMKO BATAM
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA