Ratusan Pelajar, OKP dan Ormas Natuna Ikuti Pembekalan Wawasan Kebangsaan



PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.CO.ID – Ratusan pelajar SMA bersama Ormas dan OKP di Natuna mengikuti pembekalan wawasan kebangsaan (Wasbang) melalui pembinaan Teritorial Terpadu (Binter Terpadu) tahun anggaran 2019, Kodim 0318.

Kasrem 033/WP Kolonel Inf. Jimmy Watuseke. Ia mengatakan, dirinya berkomitmen untuk mewujudkan generasi yang berkarakter, serta berjiwa patriotisme dan nasionalisme di wilayah tugasnya.

“Wawasan kebangsaan ini merupakan konsepsi maupun cara pandang yang dilandasi atas kesadaran diri yang diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Jimmy Watuseke, Gedung Sri Serindit, Kamis (28/11/2019).

Ia mengatakan, pengaruh paham radikalisme dan terorisme saat ini, menjadi suatu ancaman serius bagi bangsa.

Untuk itu, sangat diperlukan adanya kesadaran diri dari seluruh komponen bangsa Indonesia,” kata Jimmy.

Menurutnya pelajar merupakan simbol Agent of Change yang nantinya akan menjadi calon-calon pemimpin bangsa. Maka, penanaman nilai nasionalisme dan patriotisme hingga bela negara, sangat perlu diwujudkan.

“Mari kita terapkan nilai-nilai Pancasila sebagai aspek kehidupan. Pancasila, merupakan ideologi bangsa yang wajib dipahami,” paparnya.

Lanjut Jimmy, Binter terpadu ini sebagai wujud sinergitas Pemerintah Daerah dengan TNI di daerah bersama masyarakat untuk mendukung dan menyukseskan pembangunan dan kegiatan seperti ini akan terus kita lakukan.

“Semoga acara ini mampu menumbuhkan rasa kecintaan pemuda terhadap tanah air dan kedepannya pemuda Natuna mampu memberkan Kontribusi yang lebih besar untuk pembangunan dan perkembangan Natuna,” tutupnya.

Tempat yang sama, Bupati Natuna Hamid Rizal dalam sambutannya mengatakan kemajuan dan perkembangan yang begitu pesat dalam bidang Teknologi Informasi tentu saja mempengaruhi pola kehidupan, gaya hidup dan pola pikir manusia, hal ini juga terjadi dikalangan generasi muda.

Hal ini tentunya menjadi sebab utama teralihkannya pemikiran oleh segala kemudahan yang diberikan Tekhnologi, serta berbagai Informasi dalam skala besar bisa didapatkan tanpa batas sehingga mengakibatkan terkikisnya rasa bangga akan Bangsa dan Negara sendiri.

Lanjutnya, selain itu terpengaruh terhadap pola hidup dunia barat yang sudah barang tentu tidak sesuai dengan nilai-nilai Budaya, Norma, dan Identitas diri yang diwariskan oleh leluhur yang berasaskan penanaman Budi Pekerti Luhur juga mulai menghilang.

“Kondisi ini hendaknya menjadi perhatian kita bersama unutk menyelamatkan Genrasi Muda dari ancaman terkikisnya rasa Nasionalisme, karena masa depan bangsa sangat bergantung pada kondisi Generasi Muda saat ini,” jelas Hamid.

Selain itu, Hamid juga menyampaikan Apresiasinya atas perhatian dan kontribusi kepada pihak Korem 033/Wira Pratama yang telah melaksakan acara ini.

“Mari melalui momentum yang berbahagia ini kita bersama-sama berharap agar para peserta khusunya para pelajar Tunas Muda kebanggaan Negeri dapat memahami Wawasan Kebangsaaan serta mampu memupuk rasa Nasionalisme pada diri sendiri sehingga mampu menjadi penggerak pembangunan terhadap Bangsa dan Negara,” tutup Hamid.

Dibawah komandan Kodim 0318 Natuna Letkol (Czi) Ferry Kriswardana, S. Sos., M.Tr (Han), Kegiatan Binter Wasbang juga di isi dengan kegiatan Bansos dan pengobatan gratis.

Hadir dalam acara Para FKPD, Para OPD, Organisasi Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan penerima Bansos.

(uds)



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA