Cegah Laka laut hadapi Nataru Satres Narkoba Polres Karimun Lakukan tes Air Liur

74

WARTAKEPRI.co.id KARIMUN – Satres Narkoba Polres Karimun besama Instansi terkait lainnya di wilayah hukum Polres Karimun, pada Rabu (25/12/2019), gelar pemeriksaan air liur dan cek urine bagi para Nahkoda kapal dan anak buah kapal (ABK) dalam Rangka Operasi Lilin seligi tahun 2019.

Pada pelaksanaan kegiatan pemeriksaan Air Liur serta mencegah konsumsi narkoba Nahkoda kapal dan anak buah kapl (ABK) tersebut dilaksanakan di ruang VVIP Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun, serta di ruang BUP Pelabuhan KKP Sri Tanjung Gelam.

Kapolres Karimun AKBP. Yos Guntur melalui Kasat Narkoba Polres Karimun AKP. Rayendra Arga Prayana menjelaskan bahwa, Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Nahkoda dan ABK Kapal tanpa terkecuali yang ada di pelabuhan Domestik Tanjungbali Karimun.

“Diantaranya Kapal Miko natalia sebanyak tiga orang, Kapal Dumai express sebanyak enam orang, enam orang dari Kapal Oceana, dan
Kapal Batam Jet empat orang serta
Kapal SB. Indra jaya dua orang dengan total keseluruhan berjumlah 21 Orang,” terang Perwira asal Semarang Jawa tengah ini.

Lebih lanjut, Kasat Narkoba menyebut selain dari pada Kegiatan tersebut, juga dilaksanakan di pelabuhan Sri Tanjung Gelam (KKP), diantaranya Kapal Asia Line dua orang, Kapal SB. Bintang Riski 98 berjumlah dua orang, Kapal Satria sebanyak enam orang, Kapal SB. Terando dua orang, Kapal SB. Solop dua orang dan Kapal SB. Mutiara Terra dua orang, dengan total Keseluruhan 16 Orang.

“Adapun dari hasil pelaksanaan pemeriksaan Air Liur dan tes urine di pelabuhan domestik Tanjungbalai Karimun dan pelabuhan Sri Tanjung Gelam, keseluruhannya dinyatakan negatif, dan Kapten layak untuk mengoperasikan seluruh kapal penumpang,” imbuhnya.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Kata AKP. Rayendra, pelaksaan kegiatan ini guna menekan angka kecelakaan di laut yang diakibatkan kelalaian Kapten beserta ABK kapal maupun kelaikan pelayaran Kapal itu sendiri.

“Guna menekan anggka kecelakaan di laut pada Nataru dalam rangka Operasi Lilin Seligi tahun 2019, akan rutin dilaksanakan dengan melibatkan personel gabungan karena pemeriksaan check juga terintegrasi dengan elemen lain, dimana menjadi ranah Kepolisian dalam melakukan penindakan, sementara BNNK untuk mengetes urine sebagai langkah antisipasi adanya Kapten dan ABK Kapal yang mengonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang lainnya,” pungkasnya. (Ama)

Komentar Anda

BBK MURAH FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI