Tradisi Pedang Pora, Warnai Penyambutan Kapolres Baru Sampai Isak Tangis Pelepasan Komandan Lama Natuna

123

WARTAKRPRI.CO.ID- Kedatangan Kapolres Natuna yang baru, AKBP Ike Krisnadian, disambut dengan tradisi pedang pora, di halaman Mapolres setempat, Senin (24/2/2020).

Adapun upacara tradisi pedang pora dilakukan oleh para perwira pertama. Sebelumnya, saat masuk pintu Mapolres, dilakukan pengalungan bunga kepada pejabat baru serta tarian tradisional kapur sirih dari pelajar Natuna.

AKBP Nugroho DK berterima kasih kepada semua anggota jajaran Polres Natuna, yang selama ini membantu dan bekerja sama selama mengabdikan diri di kabupaten yang terkenal sebagai julukan Laut Sakti Rantau Bertuah.

“Terimakasih kepada rekan-rekan semua atas dukungan, bantuan dan kerjasamanya selama saya ditugaskan sebagai Kapolres Natuna. Dan tak hentinya mohon maaf atas segala kekhilafan dan kekurangan saya,” ucapnya.

Hal yang paling berkesan selama dua tahun bertugas di Natuna, kata Nugroho DK, yakni keramahan masyarakat Natuna yang bisa ikut serta menjaga suasana kondusif.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

“Jadi selama dua tahun tiga bulan kami bertugas di sini, kami mendapat banyak sekali pengalaman yang penting dan sangat bermanfaat bagi kami. Di mana masyarakat di sini semuanya relatif kondusif sehingga sangat mendukung upaya Polri dalam menjaga situasi Kamtibmas. Yang tidak terlupakan keramahan warga Natuna dan keelokan alam Negerinya,” ujar Nugroho.

Sementara itu, Kapolres Natuna AKBP Ike Krisnadian, berharap terus ada dukungan dari perwira dan anggota dalam menjalankan tugas ke depan.

“Saya juga meminta support kepada semua masyarakat Kabupaten Natuna, untuk menjaga Natuna ini tetap kondusif,” harapnya.

Usai digelar ritual pedang pora proses, kedua, perwira menengah Polri ini menuju teras depan Polres Natuna, disana mereka disambut para tokoh Lembaga Adat Melayu (LAM) sembari laksanakan prosesi tepung tawar serta membacakan doa keberkahan dan tolak bala.

Usai Prosesi tepung tawar dan Doa, Kapolres Natuna Ike Krisnadian langsung melihat ruangan barunya.

Sementara AKBP Nugroho didampingi istri Ny. Juju Nugroho terlihat bersalaman dengan anggota terlihat dia gagah mengenakan Cincin Hitam merupakan batu Meteor khas Natuna merupakan kenag kenangan dari insan pers Natuna.

Bersama unsur Forum Pimpinan Daerah dan para istri bayangkari Natuna moment itu diabadikan dengan berswafoto bersama.

Dalam upacara pelepasan AKBP Nugroho DK, tampak Perwira membawa pedang pora berdiri tegap diatas karpet merah.

Mereka mengiringi sejak keluar mapolres untuk menuju Mobil jeep hitam bak terbuka menuju bandara Lanud Raden Sadjad.

Ratusan anggota polres Natuna mulai perwira tampak berjajar berbaris mengantar kepergian kapolres lama.

Tak sedikit pula isak tangis mewarnai pelepasan Nugroho DK dari para anggota yang merasa kehilangan.

Setelah megemban tugas di Natuna, Nugroho DK bakal mengemban jabatan promosi sebagai Kapolres Asahan, Sumatra Utara.

Para pasukan personil Polres Natuna bersama satuan TNI, Brimob serta Basarnas  terlihat berdiri rapi menanti salam perpisahan sosok Perwira yang terkenal supel masyarakat.

Tak hanya para perwira beserta istri yang terharu, warga yang diundang pun turut terbawa suasana. Mata mereka berkaca-kaca saat Nugroho DK pamit beserta istri. “Bapak terima kasih selamat jalan,” ucap Kevin salah satu warga Penagi Natuna.

 

Nugroho beserta istri dalam perjalanan menuju bandara tepatnya di depan Halaman Mapolsek Bunguran Timur, iring-iringan rombongan mobil AKBP Nugroho Dwi Karyanto dihadang oleh ratusan pelajar SLTA yang terdiri dari SMA 1 Bunguran Timur, dan MAN 1 Natuna.

“Ini adalah bentuk penghormatan kita terhadap beliau. Selain pemimpin kita, beliau juga sudah kita anggap orang tua kita,” ujar Panit Binmas Polsek Bunguran Timur, Bripka David Arviad.

 

Selamat Jalan Pak Nugroho, kami akan selalu merindukanmu,” itu kata-kata yang terucap dari orang-orang yang menyalaminya sebagai tanda berat untuk melepaskan pejabat yang dicintai oleh jajaran dan masyarakatnya.

(Rky)

Komentar Anda

BBK MURAH FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI